Home > computer, printer, TechTips > Pensiun pake canon, sekarang beralih ke Brother & (rencana) EPSON, BROOO…

Pensiun pake canon, sekarang beralih ke Brother & (rencana) EPSON, BROOO…

Printer canon boleh diakui sebagai printer yang cukup populer dikalangan home user, penjualan yang masif dan harga unit yang relatif murah, menjadikan printer canon sebagai satu merek yang tidak asing di temui di setiap pengguna rumahan maupun kantoran.

sayangnya menurut penuturan teman2 dan pengalaman saya sendiri, printer merek canon mengalami penurunan kualitas, terutama pada head di catrid nya (yang mahal itu, sekali lagi, MAHALLL). Padahal, jaman ip1000 dulu, yang saya pakai kuliah, printer canon cukup bandel dan jarang rewel, asal dirawat dengan baik. sayangnya, ip1000 adalah printer “murah” terakhir canon yang menggunakan konfigurasi tabung dan head terpisah. padahal dengan konfigurasi tersebut, harga catridge sangatlah murah, jaman dulu yang original hanya sekitar 50rb dan yang 3rd party macam dataprint bisa ditebus dengan 20ribu saja di fotokopi dekat kampus, itupun bisa dimodifikasi maupun diisi ulang dengan diteteskan.

konfigurasi katrid yang menyatu dengan head dengan tambahan chip, menurut saya  sangat tidak ekonomis. dimana harga katrid bisa 50% dari harga printer. ditambah lagi dengan kualitas head yang tidak sebaik printer canon terdahulu. di sisi lain langkah EPSON yang menggunakan infus (CISS ; continuous ink supply system) sudah tepat, karena kebutuhan akan biaya cetak yang murah sangat besar, bisa dilihat dengan tingkat penggunaan printer infus yang cukup tinggi.

Bagaimana dengan HP ?, merek ini justru sudah masuk blacklist saya paling awal sebelum canon. dengan alasan yang sama terhadap canon sekarang. Printer pertama saya adalah HP 656 , printer yang bongsor, bising, menggetarkan meja, susah di isi ulang (jaman dulu, belum ada infus2an macam sekarang) , dan catridge-nya muahall, tahun 2001 harganya 250rb.. luar biasa mengejutkan, karena saat itu nasi sepiring cuma 3000 di warteg, 250rb is pretty damn expensive!!.. . sekarang memang sudah murah, bahkan menyentuh angka 80 rb, tapi hanya untuk jenis tertentu, dan yang paling suck, HP menggunakan sistem ‘kadaluarsa’ alias expired dibeberapa jenis katrid. buat orang kaya yang bingung duitnya mau diapain, silahkan beli printer HP.

Saat ini saya menggunakan printer brother MFC J5910DW, pertimbangannya cukup banyak, hingga saya beralih menggunakan printer ini, yang paling utama adalah, printer ini merupakan printer A3 termurah dengan fitur yang cukup lengkap, andai epson bisa memberi harga di rentang yang sama, kemungkinan saya akan menggunakan merek Epson. sayangnya, harga epson A3 paling murah yang tersedia di toko sekitar 5,5jt.  Untuk pengalaman menggunakan printer brother MFC J5910DW, akan saya bahas di postingan berikutnya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: