Home > komputer, opinion, TechTips > Alasan Standar Seseorang Membeli Komputer/Laptop

Alasan Standar Seseorang Membeli Komputer/Laptop

Gara2 tulisan sebelumnya, jadi kepikiran bikin tulisan lagi,  gak apa lah mumpung masih sadar, okehh… berikut ini saya jabarkan alasan-alasan orang membeli komputer, dari yang lazim sampai yang kurang lazim.

1. “Buat kuliah/sekolah”

Ini alasan paling standar, dan juga kadang2 jadi modus anak muda supaya dibelikan laptop, padahal, dalam kenyataannya, nyari artikel (Googling copas sana sini) paling banter 30 menit, sisanya FB, TWITTER, PATH, DE el el..,Pembelian biasanya sepaket dengan printer,. saya sedikit tahu karena saya pernah bekerja di toko, sekaligus menjadi mahasiswa, untungnya laptop yang saya punya, bukan dari hasil merengek,karena saya masih enjoy dengan pentium 4 di kost,. tapi saat itu, orang tua saya bingung, ditanyain bank karena kartu kreditnya tidak pernah dipakai, akhirnya muncullah ide membeli laptop..hahaha😀

2. “Buat anak2 belajar”

Anak-anak yang dimaksud disini adalah anak kecil usia balita dan SD alias anak kecil. sah sah saja sebenarnya, akan tetapi mengenalkan teknologi canggih terlalu dini kepada anak bukanlah tindakan yang bijak, untuk penjelasannya bisa dicari sendiri di google,gunakan kata kunci “dampak teknologi untuk anak”. hati2 bapak dan ibu, kalau anaknya jago utak utik perangkat canggih, jangan berbangga dulu. teknologi disini tidak hanya sebatas komputer, bahkan kalkulator sekalipun sebaiknya dijauhkan dulu.

3. “Buat Desain AutoCad”

Ini alasan yang paling sering gak nyambung dengan spesifikasi yang ditawarkan, koplaknya, orang2 ditoko kadang menawarkan komputer “asal spek tinggi” tanpa dilandasi pengetahuan tentang fungsi GPU . User juga banyak yang menguasai software, tapi kurang mengerti spesifikasi yang tepat, akhirnya biaya yang dikeluarkan tidak maksimal. karena hardware yang dibeli tidak sesuai dengan peruntukan alias mubazir, karena sepengetahuan saya, untuk sekedar desain sederhana, dengan pentium 3 pun sudah bisa, namun bila sekaligus rendering yang kompleks, tentunya VGA Workstation akan memberi pengaruh yang cukup signifikan,  disinilah kadang menjadi rancu, VGA yang kuat untuk game dianggap kuat pula untuk Rendering 3D Cad, padahal cara kerjanya berbeda.

4. “Buat ngetik-ngetik sama main Poker & game house”

Inilah kata yang jadi inspirasi artikel ini, dimana ngetik-ngetik dan main poker sepertinya menjadi standar minimum sebuah komputer, paling banyak pembelinya dari kalangan awam, yang hanya sekedar ingin browsing sambil belajar mengenal komputer,  konsumen dengan tipikal seperti ini biasanya yang paling banyak bermasalah karena kurangnya pengetahuan tentang cara penggunaan komputer yang benar. Pembelian juga biasanya dibarengi pembelian modem, supaya bisa nyantai bermain dirumah.

 

5. “buat main game berat”

Seseorang dengan alasan seperti ini biasanya kurang memahami benar spesifikasi komputer, pengetahuannya biasa hanya sekedar kulitnya saja, game yang ingin dimainkan pun sebenarnya tidak jauh dari PES, yang merupakan standar benchmark kemampuan VGA oleh orang2 awam yang doyan bermain games, pengetahuan tentang VGA pun masih dilandasi persepsi kuno, makin gede memory makin cepat…, berbeda dengan orang yang benar2 enthusiast, biasanya langsung bertanya2 tentang spek2 yang dimintanya.. dengan dibarengi konsultasi panjang lebar.

6 “Buat ngedit-ngedit”
Seseorang dengan alasan ini biasanya cukup  piawai menggunakan software multimedia, tetapi masih kurang pengetahuannya tentang komputer (non power user), biasanya mereka memiliki koleksi software yang cukup banyak mulai dari video audio converter, hingga  pengolahan gambar baik bitmap maupun vector, untuk pengguna seperti ini tidak terlalu ribet, karena apa yang mereka bayarkan relatif berbanding lurus dengan apa yang mereka dapat, dimana spek tinggi komputer akan memberi kinerja yang lebih baik untuk multimedia.

Itulah sepenggal cerita dari pengalaman selama bergelut dengan orang2 di Toko komputer..

Salam Super.. croot..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: