Home > computer, komputer, TechTips > Cara alternatif meningkatkan kecepatan komputer

Cara alternatif meningkatkan kecepatan komputer

Semua cara dibawah diluar kebiasaan tutorial yang banyak beredar di internet, tapi gak semua komputer bisa. sebagian harus merogoh kocek, tapi masih cukup feasible lah..
Langsung aja ga banyak cincong:

1. “Tambah” CORE (inti processor) A.K.A Unlock (free)
Emang bisa? yaeyalah…syaratnya harus pake processor yang bisa unlock dan motherboard yang support, Nambah core tidak langsung menambah kecepatan secara instan, tapi akan sangat menolong pada multi tasking dan aplikasi yang sudah dioptimalkan untuk multicore processor.
2. Kurangi alokasi Ram untuk VGA (Free)
syaratnya, bios harus support setting alokasi RAM, dan hanya berlaku pada komputer dengan VGA Onboard. efeknya cukup lumayan, mengingat aplikasi sekarang makin rakus dalam mengkonsumsi RAM. komputer dengan VGA onboard biasanya secara default diset pada angka 512mb, untuk aplikasi game, cukup ‘sedikit’ membantu, tapi untuk komputer dengan  99% penggunaan hanya untuk aplikasi kantoran dan internet, 128MB sudah cukup, bahkan untuk windows 7 aero theme sekalipun.
3. Pasang VGA card (50-100Rb)
Mirip trik no 2, Tidak perlu yang hi-end, cukup VGA seken entry level , yang penting Ram sepenuhnya untuk proses selain grafis, dengan 100 ribu, sudah cukup untuk vga low end second, setidaknya sedikit lebih kencang dari VGA bawaan* , plus, dedicated memory, untuk rendering Video.
4. Pasang SSD (500rb)
dengan Spec High end, apabila masih menggunakan HDD dengan spek Sata 2, dijamin akan kurang maksimal, apalagi SATA1,.dengan sata 3 atau Upgrade ke entry level SSD, dijamin melesat super duperrr meski port hanya menggunakan sata2, performa melejit kayak Formula 1…hahaha
5. Downgrade (free Pak tani)
Aplikasi sekarang makin rakus ram, padahal belum tentu fitur yang tersedia dimanfaatkan oleh pemakai, misalnya photoshop, apabila software ini cuma digunakan untuk sekedar nukar kepala, memutihkan kulit gosong, hilangin jerawat& kurap, atau langsingin badan, Photoshop dari zaman batu juga sudah bisa. pluginnya pun gak kalah .. misalnya PS Cs.2
Selain itu, bisa juga dengan mendowngrade ke Xp Jadul kalau penggunaan hanya sebatas “ngetik-ngetik” dan “main poker” (bukan Power user).

Kok ngga ada OverClock? lupakan soal OC, Real life performance dengan perangkat standar gak terlalu signifikan… banyak variable yang harus dipertimbangkan, mulai dari kemampuan Ram, timing,  pengaturan voltase, sampai pendinginan, ekstra rempong… yang instan itu juga gak gitu berasa… yang ada juga rentan sama bluescreen dan crash klo gak stabil alias labil…

Sekian artikel koplak ini, semoga ada yang baca..😀

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: