Home > Common issue, opinion > Belajar Bahasa Bahasa Inggris lebih penting dari yang anda bayangkan

Belajar Bahasa Bahasa Inggris lebih penting dari yang anda bayangkan

Ini sebuah pemikiran lama yang baru saya kepikiran untuk saya publish. Bahasa Inggris itu sangat penting, dan erat kaitannya ditengah  era informasi, apliaksinya  bermacam-macam.

Sebagian besar masyarakat masih sedikit “alergi” sama pelajaran yang satu ini, padahal, bahasa inggris tidak seberapa sulit sebenarnya bila kita menanamkan mindset bahwa Bahasa Inggris itu penting, menyenangkan dan tidak menganggapnya pelajaran yang sulit.

Manfaatnya dimana?

Kalau saya bisa bilang, BUANYAKK… mulai dari komunikasi, belajar, hingga menunjang karir dan bisnis. Dalam komunikasi sudah jelas agar memudahkan komunikasi kita dengan orang asing, karena Bahasa Inggris itu bahasa Internasional, kalau dari komunikasi satu arah misalnya menonton film atau membaca, kita tidak perlu repot lagi menerjemahkan satu per satu kata.

Grammar? grammar memang perlu, tapi tidak harus sempurna, grammar sering kali menimbulkan persepsi grammar harus sempurna, padahal, inti dari komunikasi itu sendiri adalah bagaimana menyampaikan fakta dari satu entitas ke entitas yang lainnya, dalam arti lain yang penting maksud kita dimengerti sepenuhnya oleh lawan bicara. tapi bukan berarti grammar tidak penting, karena dengan mempelajari grammar, kita tidak akan mudah dibutakan hasil translate software yang sering kali ngaco…

Bahasa inggris juga sangat menunjang dalam belajar, mengapa? banyak ilmu GRATIS hanya tersedia dalam bahasa inggris, dengan menerjemahkan menggunakan software, hasil terjemahan bisa menyesatkan dan membingungkan. Yang sangat pasti adalah bila menempuh bangku kuliah, maka bahasa inggris adalah syarat mutlak biar bisa lulu tes TOEFL.  Dalam berkomputer, bahasa inggris tentunya sangat menolong karena selain bahasa pada UI bawaan nyaris semua komputer menggunakan bahasa inggris,  manual (help) juga sebagian besar hanya tersedia dalam bahasa inggris, saya pun belajar graphic desain pada zaman gak ada internet, hanya mengandalkan menu help.

Dalam karir dan bisnis, Bahasa Inggris sangat menunjang, terutama pada perusahaan multinasional. banyak orang punya kesempatan untuk berkarir di luar negeri, terkendala dengan bahasa, meski mereka memiliki kemampuan teknis yang baik dan pengalaman yang cukup matang, pada akhirnya persoalan bahasa menjadi penghalang.

Dan masih banyak lagi aplikasi yang lain, yang pokoknya 100% GREGET.

Bagaimana belajar bahasa inggris yang asik?
Paling mudah adalah memperbanyak kosakata, bisa dicicil perhari 1-2 kata, sambil mencoba mengatakannya berulang ulang dalam percakapan (biar nempel dikepala) sambil gaya2an ala cinta laura.😀

melatih Listening dengan menonton film bule (bukan blue ya..😀, not recomended, tar ga konsen).. dengarkan baik2 setiap kosakata pemain film sambil lihat terjemahannya, bisa juga dari lirik2 lagu, kalau sudah bisa, boleh coba listening tingkat lanjut dengan mendengar lagu eminem.

Last, saya gak jago2 amat berbahasa inggris, masih sedikit terbata bata dan suka lupa, tapi dengan kondisi tersebut saya beberapa kali ditawarkan bekerja pada perusaan milik asing karena mereka senang apa yang mereka sampaikan dapat dimengerti , artinya bahasa inggris nilai jualnya masih sangat bagus dalam dunia tenaga kerja..😀, ayo tanamkan terhadap kerabat maupun teman-teman kita untuk mendalami Bahasa Inggris…

The End..

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: