Home > computer, komputer, TechTips > Kinerja Pendingin Tambahan untuk router/modem

Kinerja Pendingin Tambahan untuk router/modem

Lama gak ngepost, salam hangat dari blogger gaje😀 (balasnya lama, posting juga gak tentu dan suka ngilang).. Hari ini kepingin membahas kinerja pendingin home-made untuk router/modem.  mengapa saya jadi ikut2an memasang pendingin tambahan? karena secara fisik, bila di sentuh, modem yang saya pakai panasnya udah seperti dijemur dibawah sinar terik, bukan hangat, tapi Puanaaaaassssss…    padahal mestinya dengan panas 50 derajat , seharusnya masih hangat di casing karena ada jarak sekitar 1 cm dengan board.

Area dibawah processor, terlihat kecoklatan akibat panas

Area dibawah processor, terlihat kecoklatan akibat panas

Modem ini sudah 3 tahun saya gunakan, dan sempat ganti kapasitor yang gembung (menyebabkan RTO pada load trafik gede), meski sudah running bertahun2 dengan aman, kenapa saya pasang kipas? supaya awet dongg, sekalian kutak kutik,, hehehe.

apa saja yang terpasang? saya menambahkan Heatsink dan kipas, tak lupa memberi sedikit thermal paste  antara processor dan heatsink.

Heatsink di jepit paperclip, metode penjepitnya terinspirasi board intel  lawas

Heatsink di jepit paperclip, metode penjepitnya terinspirasi board intel lawas

Sedangkan kipas dipasang dibagian luar dengan aliran angin menuju ke luar

Overall bagian dalam

Overall bagian dalam

Airflow ke arah luar

Airflow ke arah luar

Kebetulan saya mendapatkan kipas DC 12v imut2 ini dari tape drive yang saya dapat di JUNK YARD alias tempat pembuangan dan gratis pastinya…, Kenapa aliran angin harus mengarah keluar? krna penyebab utama overheat itu sirkulasi udara yang kurang baik,  apabila angin menuju kedalam modem maka : 1. angin akan terperangkap di dalam modem karena rongga udara, lebih kecil dari lubang kipas…2. Akan terjadi akumulasi debu yang cukup intens, dan mengurangi kinerja pendinginan, dan riskan terjadi short-circuit.

Bagaimana sumber listriknya?
Apabila voltase kipas dan jenis arus  sama dengan input power, bisa langsung di solder ke power input jack pada board. pada modem DLINK yang saya pakai, inputnya sama2 12 volt, tapi AC, sedangkan Kipas menggunakan DC,  Modem D link ini memang agak unik, rectifier bridge (penyearah arus) berada pada modem, bukannya di Adaptor, sedangkan membaca jalur PCB juga agak repot karena PCBnya 2 layer, cara yang praktis ya cek continuity pake Multitester, langsung hubungkan ke  kaki Dioda . hati2 jangan sampai salah.

Negatif (kedua "buntut" /anoda bertemu), positif (kedua "mocong"/ katoda bertemu)

Negatif (kedua “buntut” /anoda bertemu), positif (kedua “mocong”/ katoda bertemu)

Bagaimana dengan kinerjanya?? dan apa manfaatnya?

Setelah running 12 jam nonstop, saya coba sentuh case, dan hasilnya benar2 JAUHHHH, dari sebelum pakai kipas, dimana case terasa dingin dibagian atas seperti modem OFF , bagian bawah, ada sedikit hangat, tapi hampir tidak terasa…. SO saya simpulkan, Modifikasi ini WORTH TO TRY alias Patut Dipraktekkan..biaya gratis, asal mau sempat2in ke tempat pembuangan. hehehe, bagaimana soal daya? Kipas ini membutuhkan arus 0,06 Amp atau sekita 60mA, arus max dari adaptornya  1200mA , gak bakal ganggu kok (mudah2an)..hehehe,

Manfaatnya jelas, menghindari kerusakan, meski modem Adsl tidak mahal, tetapi kadang2 repot apabila harus membeli lagi, dan mensettingnya. Chip dan komponen lain mungkin tahan terhadap panas, tapi tidak dengan timahnya, kebanyakan kasus overheat pada chip BGA (Ball Grid Array,  alias timah “bola-bola”) menyebabkan kontak timah yang terputus, sayang bila harus membeli perangkat baru, hanya karena masalah sepele, teknisi pun ogah memperbaiki, karna biaya servis dengan solder uap mungkin beda tipis dengan biaya beli baru, belum lagi resiko masalah kambuh lagi, teknisi tidak mau kena komplain demi untung yang kecil.

Kenapa produsen tidak memberi kipas dari sononya?, nantikan analisa ngawur di postingan berikutnya..ha..ha..ha..

 

  1. No comments yet.
  1. April 3, 2014 at 6:39 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: