Home > komputer, opinion > Analisa “cacat bawaan” pada Produk Consumer grade

Analisa “cacat bawaan” pada Produk Consumer grade

Melanjutkan postingan saya yang sebelumnya tentang penambahan kipas pada modem, pada postingan tesebut membahas tentang modem ADSL yang panas, muncul sebuah pertanyaan, mengapa Modifikasi yang begitu populer tidak dijadikan bahan masukan oleh produsen untuk merevisi produknya agar lebih tahan?

Bila teman2 sekalian pernah membaca tentang teori “light bulb conspiracy” mungkin sudah paham. singkat kata, teori konspirasi tersebut menjelaskan mengenai kualitas produk yang sengaja di “set” untuk usia pemakaian tertentu saja oleh produsen dengan mengurangi kualitas dari segi material maupun desain  agar penjualan terus berjalan. karena produk yang “tahan banting” alias durable, kadang2 dianggap bencana.

Selain itu, pengurangan part juga turut menurunkan cost produksi barang. sejauh pengamatan saya, vendor yang menguasai produk papan menengah kebawah sekalipun mampu membuat produk setara dengan vendor papan atas, wong material dan komponen kadang2 sama saja dan pada kasus tertentu, dikerjakan oleh OEM yang sama.  Inilah sebabnya produk2 papan atas maupun industrial/commercial grade (kualitas material /desain excellent) dijual dengan harga yang kadang2 kurang masuk akal (tinggi), hal tersebut wajar mengingat  dengan sirkulasi barang yang lebih lambat, harus ada semacam kompensasi demi  kelangsungan bisnis, padahal mungkin secara ongkos produksi 11-12 (hampir sama) dengan produk yang harganya jauh lebih murah.

Back to masalah modem, bayangkan bila mereka menciptakan produk yang tahan dipakai selama 10 tahun lebih dengan harga sangat murah, tentunya itu tidak baik untuk kelangsungan bisnis, apabila teknologi yang sama tetap dijadikan standar.

dengan mempelajari seluk beluk barang yang kita pakai, maka pastinya akan sedikit menolog kita mencari cara untuk mengakali cacat bawaan oleh pabrik. selamat bergoogling ria..😀

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: