Home > computer, komputer, opinion > Mouse Logitech = mouse (hampir)anti rusak

Mouse Logitech = mouse (hampir)anti rusak

Disclaimer : saya gak punya afiliasi dengan perusahaan yang dimaksud, semua murni hanya opini semata sekaligus apresiasi saya terhadap produsen yang konsern terhadap kualitas. tidak ada maksud menjelek-jelekkan produk tertentu, semua berdasarkan fakta yang saya temui dilapangan.

ya judulnya boleh2 aja dibilang lebay.. tapi inilah yang bikin heran,, saya sudah punya banyak mouse logitech dan ogah menggunakan mouse merek lain untuk keperluan harian, apa pasal? yup, kualitas top markotop, mulai dari lini terbawah sampai jajaran produk premium bin Elite logitech… berawal dari mouse optik pertama saya (warna putih hitam, led merah) yang hingga saat ini masih berfungsi, dan  umurnya sudah lebih 12 tahun. mouse ini  akhirnya saya ganti karena mouse feetnya udah lepas sehingga sensor suka ngaco karena jarak dari lensa ke mouse pad menjadi rapat, dan scrollnya agak ling-lung karena perlakuan kasar oleh teman2 yang nebeng komputer buat browsing.

mouse logitech pertama saya masih tersimpan rapi di kardus, dan secara fungsi dasar masih bisa digunakan, mouse lainnya (sudah saya hibahkan) mouse logitech hitam, mouse kedua saya , juga tidak pernah rusak hingga bertahun-tahun,, satu-satunya kerusakan yaitu kabel yang digigit tikus (bisa disambung).  ada pengalaman menarik memperbaiki kabel mouse saya yang di gigit tikus, dimana saat menyambung kabel logitech yang putus , disitulah saya baru menyadari bahwa desain dan material kabel logitech memang benar2 Exceptional, kabelnya  terbuat dari tembaga berkualitas, jumlah seratnya per kabel yang banyak & lentur,  kabel dililit serat yang kuat pada masing2 kabel dalamannya. sehingga dengan penggunaan wajar, meski sering dicabut pasang dan digulung, kabel mouse akan bertahan lama. material yang digunakan pun relatif tahan getas. dan hanya berjamur bila tidak dibersihkan.

Di luar, saya menemui banyak mouse logitech yang rusak, tapi umumnya pada microswitch  dan kasusnya memang karena perlakuan yang kasar yg abusive seperti bermain MMO dan moba, dimana pemain mengklik cukup intens selama bermain.  salah satu fakta yang saya saksikan sendiri, micro switch bawaan ‘logitech termurah’, masih lebih unggul dari microswitch raz*r (gak tahu raz*r sekarang) bahkan dibanding bawaan A4tech pun Microswitch raz*r lebih cepat K.O…  secara hitung2an ekonomis, Mouse Logitech sebenarnya paling murah, dimana dengan harga3-4 kali lipat dari Mouse abal2 , kita akan mendapatkan mouse yang tahan hingga puluhan kali lebih lama. khususnya di microswitch dan kabel,( dua poin penting menurut saya).

Meski saat ini untuk mouse sudah banyak pilihan dari brand ternama, saya masih mempercayakan logitech. karena memang produsen ini sepertinya memang meriset produk2nya secara mendalam, tidak seperti nama besar  G***byte, meski terkenal akan produk motherboardnya, kualitas mousenya benar2 payah, mikroswitch yang kurang tahan (sering double klik), kemampuan wirelessnya juga kurang baik (kadang delay dan putus2 meski menggunakan baterai yang fresh, jangkauan juga tidak sesuai klaim).

Mouse Logitech juga mengalami update berkala, meski untuk pasaran kelas bawah,, produk2nya selalu mengalami update. dari segi teknologi,  ergonomis dan penambahan beberapa fitur, misalnya mouse wireless, dimana produk yang terbaru sudah ditingkatkan daya tahan baterainya, feel dari tactile switch yang lebih nyaman dll..

sayangnya untuk urusan gaming, periferal logitech berada pada range harga “premium” jadi kurang terjangkau untuk gamers2 cekak, meskipun ada paket bundle ekonomis Logitech G100, tapi masih minim fitur, yang kaya fitur, namun harga bersahabat masih dipegang a4tech dan kroni-kroninya.
so, kesimpulannya, tidak berlebihan bila “Lujitak” mengklaim sebagai mouse No.1 di dunia. memang kenyataannya  gitu brohhhh…😀

mohon maaf bila ada kalimat yang salah.. just for sharing🙂

UPDATE : setelah membedah mouse logitech keluaran sekarang, ternyata mulai banyak penurunan kualitas kabel dan desain, terutama produk low end. so? = CHEAP LOGITECH SUCKS…

  1. tito
    November 23, 2014 at 2:54 pm

    yg wireless kalo pake nge-CAD cepat rusak..dah 2 kali setahun saya ganti sejak awal 2012 ..rodanya itu sering saya tekan untuk pan(rusaknya cma di roda doang,klik kanan dan kirinya masih berfungsi baik..itu vital bgt buat kerjaan) sy beralih ke merk razor lebih murah 25rbu.. masih awet smpe skrg(2th brow).Tapi kalau yg pake kabel logitech mmg top bgt…masih nempel di pc.

    • February 21, 2015 at 7:00 pm

      Logitech sekarang agak menurun kualitasnya,, terutama kabel..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

