Home > computer, komputer, opinion > Masa Depan PC ??

Masa Depan PC ??

Sebelumnya, perlu saya tekankan disini bahwa PC adalah komputer desktop yang terdiri dari komponen  yang memiliki desain yang di-standar-kan, sedangkan komputer portable adalah komputer all in one yang ringkas yang sudah menjadi satu kesatuan, dan mudah dibawah kemana-mana.

Teknologi makin hari makin mengecil, perangkat komputer dengan klasifikasi “mobile” (notebook,netbokk,tablet dll)  pun powernya hampir mendekati  PC (katanya), dengan fisik yang lebih portabel, logika kita mungkin menyimpulkan komputer portable hampir unggul mutlak. dan banyak yang memprediksi PC bakalan habis masanya.. kalau menurut saya, tidak akan tamat, tapi mungkin trennya yang bergeser. Berdasarkan hasil analisa ‘ngaco’ saya kedepannya kemungkinan seperti berikut :
1. PC berukuran besar (ATX) tetap eksis namun, terbatas pada kalangan Enthusiast (performance), gaming ,dan Custom builder…😀
2. Mainstream user dan sebagian performance enthusiast akan beralih ke form factor yang lebih kecil (compact)  seperti Micro  ATX dan Mini ITX,… indikasinya sepertinya tren lagi berkembang dimana produsen PC built up pun sedang ramai2 mendesain PC yang ringkas akibat dari euforia Steam Machine, dan inspirasi dari Nextgen Console .

dari dua hal di atas mungkin bisa ditarik satu benang merah bahwa, yang membuat PC bertahan adalah esensi PC itu sendiri, dimana PC memiliki desain yang modular yang jelas membuat PC lebih fleksibel, bukan dari processing powernya seperti yang selalu di bahas dalam perbincangan di warung kopi.  karna perkembangan teknologi pasti akan mencapai suatu titik dimana kinerja kedua jenis komputer (PC dan portable) hampir tidak bisa lagi dibedakan pada rentang harga yang tidak berbeda jauh.. maksudnya fleksibel apaan?? misalnya : PC bisa gonta ganti part bila ada yang rusak, atau mau gonta ganti monitor yang berbeda ukuran, gonta ganti casing yang ciamik, cooling fan warna warni… dan lagi, dengan desain yang modular, pengguna awam pun tidak terlalu sulit memodifikasi PC itu sendiri, karena didesain dengan standar yang sudah ditetapkan, maka  produk yang bersifat  CUSTOM , pasarnya akan selalu ada..

alasan mengapa saya katakan perkembangan kedua tipe komputer menjurus pada titik dimana keduanya memiliki kinerja dan harga yang hampir setara, semata berkaca pada komputer tablet yang ada sekarang, dengan harga 2 jutaan, kita bisa mendapatkan spek dan “computing power” hampir setara PC 6 tahun yang lalu ( dual core, 1,5Ghz, 1Gb RAM +konektivitas ethernet dll) dimana spesifikasi perangkat mobile makin mendekati kemampuan desktop PC (gap yang makin menipis), dan lagi Keuntungan perusahaan di sektor mobile yang jauh lebih besar dibanding pasaran Desktop PC, (profit Arm vs Intel&Amd) memungkinkan untuk riset yang lebih cepat, dan tidak menutup kemungkinan mampu menyaingi  kemampuan dari produk desktop pc itu sendiri. sedangkan perkembangan hardware desktop? kemungkinan akan melambat dan lebih mengarah ke peningkatan efisiensi daya. karena dengan produk yang ada sekarang sebenarnya sudah sangat mengakomodir sekitar 80% kebutuhan sehari hari, bahkan cenderung “overkill”,  diluar kebutuhan komputasi gaming dan multimedia yang selalu menuntut kinerja fantastis.

Bagaimana dengan Mini PC dan all in one PC? menurut saya sebenarnya agak rancu, karena MiniPC&all in one PC memiliki ciri gabungan antara PC dan komputer portable , dimana harware yang digunakan adalah kelas mobile, tetapi dengan bentuk dan “julukan” PC meski tidak memiliki form factor yang jelas, sehingga boleh dikatakan, dengan desain dan teknologinya, miniPC& all in onePC  define it’s own class…

So, kesimpulannya, Pasaran PC pasti mengalami penurunan, karena kebutuhan sebagian penggunanya sudah bisa di akomodir perangkat portable, tapi, PC tidak akan tamat, karena pasaran custom dan PCenthusiast akan selalu ada…..

Demikianlah hasil pemikiran dan analisa ala saya yang mungkin ngawur, ngaco bin sotoy Tentang topik yang udah lumayan “basi”…😛  we’ll never know, until the “day” comes…

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: