Home > computer, komputer > Rahasia LAPTOP awet Luar dalam

Rahasia LAPTOP awet Luar dalam

Laptop udah bak kacang goreng, yup kalau beli kacang goreng seharga laptop, dapatnya 2 gerobak😛.. just kidding, laptop sudah bukan barang mewah,  bahkan orang dengan sticker “warga miskin” di depan rumah sudah punya laptop sendiri (no kidding)… sayangnya tidak semua laki-lakiiiiiiiii pemilik laptop beruntung memiliki laptop yang awet, entah karena salah perlakuan atau memang lagi sial dapat batch yang kurang okey dan joss….tapi berdasarkan pengamatan,, kebanyakan memang karena perlakuan yang kurang baik. untuk itu ada beberapa tips dari saya, sedikit berbeda dari tips2 yang sudah banyak beredar di internet, and BTW, Ini hanya semata berbagi berdasarkan pengalaman, apabila terdapat kesalahan, teman2 bisa memperbaiki, berikut tipsnya :

1. Selalu bersihkan debu yang menempel, bisa dengan di tiup dengan kompressor, atau di bongkar dan di sapu dengan kuas, karena debu yg menempel di heatsink bisa menyumbat sirkulasi udara dan menyebabkan prosesor dan chipset mengalami overheat yang intens, overheat mungkin tidak merusak chip, tapi bisa melelehkan timah ball grid dibawah chip yang menghubungkan dengan motherboard.
2. pergunakan keyboard sewajarnya, bila memang digunakan untuk main games dengan perlakuan agresif, lebih baik menggunakan keyboard USB tambahan, karena keyboard bawaan laptop lebih mahal dan relatif susah di cari, contohnya alienware…😀
3. gunakan alas yang keras bila laptop ditaruh diatas permukaan yang lunak seperti bantal atau kasur, ini kesalahan yang cukup “populer” terutama saat virus “malas” menyerang..  menaruh laptop diatas kasur atau bantal bisa menyebabkan tersumbatnya sirkulasi udara pada lubang dibagian bawah laptop, namun hal ini mungkin tidak berlaku bagi macbook, karena memang tidak ada lubang di bawahnya.. ini mungkin salah satu faktor yang bikin macbook awet..😀
4.membuka layar (lid) sebaiknya jangan memegang hanya salah satu sisi/pinggir layar saja, karena distribusi beban pada bingkai (rangka) penopang LCD, tidak seimbang,, hal ini bisa membuat bingkai LCD patah dan lumayan sulit untuk mencari penggantinya.. solusinya, buka layar dengan memegang di bagian tengah atas atau dari kedua sisi dengan kedua tangan.
5. apabila akan mencabut Charger, cabut jack power ke laptop terlebih dahulu, lalu cabut adaptor dari stop kontak. demikian juga sebaliknya apabila ingin memasang, colok adaptor dulu ke stop kontak, lalu colok jack power adaptor ke laptop, alasannya? ikuti saja, saya juga ngikutin saran produsen ..:)) ( panjang jelasinnya)
6. mengecas baterai tidak perlu takut overcharge, karena pada laptop/baterai sudah terdapat modul overcharge protection, bila terjadi overcharge maka kemungkinan modul proteksinya tidak berfungsi/rusak. tidak perlu juga takut cepat drop,  karena lebih baik laptop terisi terus daripada digunakan sampai low batt dan mati… lagipula semua baterai punya life cycle/umur pakai, yang artinya sebagus apapun merek cell-nya pasti akan cepat drop  bila sering dipakai.
7.perlakukan baterai lithium laptop seperti layaknya memperlakukan baterai lithium lainnya, caranya bisa googling sendiri “merawat baterai lithium”:D,
8.Simpan Laptop pada tempat yang kering dan aman dari jangkauan anak anak, karena sepintar-pintarnya manusia merawat laptopnya, akan sia2 bila laptop tersebut dibanting oleh anaknya sendiri/ anak orang…. :))
9. Apabila Charger rusak, ganti dengan charger ori, atau 3rd party yang kualitasnya cukup baik misalnya H*ntkey,, cari daya yang sesuai (lebih tidak apa2, asal jangan lebih kecil dari daya charger aslinya, karena tidak akan sanggup men-charge pada kondisi full load), Solusi lain, bisa menggunakan charger ori dari merek lain asal spek sesuai (voltase sama dan daya cukup atau lebih) soal colokan tinggal potong dan sambung dari jack charger yang rusak,. charger asli memiliki output yang sesuai dengan label, stabil dan konstan. charger KW(abal-abal) boleh2 aja untuk keperluan mendadak/emergency.
10. Jangan dipakai.. yap… ada kalanya mengikuti tips2 tidak akan menghindarkan dari kerusakan, karena tips2 perwatan hanya meminimalisir persentase kemungkinan rusaknya laptop,.. kerusakan sudah jadi resiko memakai barang elektronik, meski TOP BRAND dan sudah di “handle with care”…  kadang ada saatnya tidak ada hujan tidak ada angin, perangkat elektronik kitabisa saja tiba2 rusak…

sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi kawan2 seantero tanah air…
Salam …

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: