Home > Uncategorized > Opini tentang monitor 4K (Ultra HD)

Opini tentang monitor 4K (Ultra HD)

Display dengan resolusi 4K ; UltraHD ( 3840 × 2160 piksel) kedengarannya memang luar biasa, resolusi 4 kali layar full HD dengan kerapatan piksel (pixel density) yang pastinya MAKNYUSS , bahkan pada layar ukuran 60inch sekalipun… layar ini mungkin sudah beberapa bulan yang lalu diperkenalkan di media, dan sudah ada vendor yang menawarkannya dengan harga dibawah us$1500, pertanyaannya sekarang, apakah layak dimiliki?
jawabannya bisa ya, bisa juga tidak
1. ya, bila anda menatap layar dengan jarak kurang dari 1 meter hanya untuk menikmati dan mengagumi kerapatan pikselnya..
2. Tidak, bila anda sayang duit dan tidak mengutamakan gambar yang superrrr tajam..

Bagaimana dengan performa real tv saat ini?
pertama-tama perlu diketahui menonton TV 50 inch dari jarak 2 meter kurang lebih sama seperti menonton dengan layar  22 inch dari jarak 2 jengkal, it’s about distance (jarak)…. dan pada jarak tertentu (tergantung ukuran layar), mata manusia normal tidak lagi bisa membedakan resolusi antar monitor.

Sebagai gambaran, televisi/monitor dipasaran saat ini sebagaian besar terdiri atas 2 tipe resolusi native, yaitu HD ready (1366×768) dan FullHD (1920×1080), kedua resolusi ini sangat sulit di bedakan pada Tv32 inch dengan jarak menonton >2 meter, artinya dengan resolusi HDready pun sebenarnya gambar masih terbilang tajam untuk ukuran manusia normal… FULL HD? Superb broh… HD ready mungkin akan mulai terlihat pikselnya pada TV ukuran 40 inch keatas, tapiiiiii…. kebanyakan TV LED sekarang sudah Full HD untuk ukuran diatas 40 inch, kecuali untuk panel tipe plasma….

berdasarkan pengalaman,, walau dengan ukuran layar 50 inch, resolusi full HD masih terasa sangat tajam, terutama untuk penggunaan sebagai monitor, dan cenderung membuat mata sakit karena hurufnya kecil2, meski hal tersebut bisa diakali dengan meningkatkan text size (DPI), tapi hal tersebut akan merepotkan ketika men-switch ke monitor yang lebih kecil, karena (setahu saya) pada windows belum ada auto setting untuk ukuran huruf berdasarkan resolusi. (mohon maaf untuk pengguna OS lainnya, saya emang melek di windows only😛 )

Faktor lainnya, kebanyakan Film HD sekarang masih di resolusi 1080 & 720.  4k? dimasa datang pastinya akan ada, tapi  jujur saja, dengan resolusi 720p saja, mata saya sudah cukup puas.
Kesimpulannya?
1. Untuk sekarang, Harga masih terbilang mahal
2. Secara Performa kemungkinan tidak berbeda jauh dengan Monitor Full HD, dengan asumsi anda menonton dari jarak beberapa meter dan mata anda bukan mata elang😛
3. Resolusi 4K mungkin memberi perbedaan yang sangat jelas pada TV dengan ukutan diatas 60 inch (saat ini)
4. Resolusi 4K terbilang berlebihan untuk aplikasi TV & monitor, sepertinya lebih cocok untuk menggantikan multi display menjadi 1 layar besar (>60 inch).
5. Untuk Jangka panjang, resolusi Full HD masih cukup.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: