Home > komputer, TechTips > Mengenai Thermal Paste dan Cara Penggunaannya

Mengenai Thermal Paste dan Cara Penggunaannya

xx

Thermal paste (keemasan eceran)

Thermal paste  (biasa juga disebut thermal gelthermal compoundthermal pasteheat pasteheat sink paste dan heat sink compound)  adalah cairan kental yang memiliki sifat seperti minyak, yang berguna untuk meningkatkan konduktivitas termal antara dua permukaan dengan mengisi celah-celah mikroskopis (wikipedia).

kebanyakan dari pengguna awam kurang begitu mengerti seberapa pentingnya peranan thermal paste.  thermal paste biasa berada di antara chip dan heatsink, secara garis besar berguna untuk melancarkan rambatan panas yang dihasilkan oleh chip menuju heatsink agar mudah di lepaskan ke udara ( heat dissipation) .

chip

Thermal Paste Mahal VS Murahan

ada banyak  pilihan thermal paste di pasaran, mulai dari yang murah (20 ribuan dapat 1 botol kecil) hingga yang mahal (>100ribu keemasan suntik kecil, 3-4 kali pakai)  tentu saja material yang digunakan berbeda. semakin mahal akan semakin baik konduktivitasnya, masalahnya sekarang,, apakah worth menggunakan thermal paste yang mahal ? bisa ya, bisa juga tidak tergantung suhu operasi dari Chip tersebut. suhu operasi yang dimaksudkan adalah rentang suhu saat idle (standby)  hingga full load (beban puncak).  apabila suhu kerja mencapai angka kritis (>60ºC) maka penggunaan thermal paste berkualitas sangat di anjurkan, biasanya suhu ini dihasilkan oleh chip seperti processor , GPU (vga) mid-high end. dan single chipset dengan VGA terintegrasi.

Bagaimana denga thermal paste murahan? memang kurang di anjurkan, tapi tidak ada salahnya di aplikasikan pada komputer dengan beban kerja minim (office & internet), karena sejauh ini memang tidak pernah bermasalah. peranan penting sebuah thermal paste berbanding lurus dengan suhu operasional perangkat komputer.

bagaimana dengan pasta gigi?

Ini salah satu jurus cowboy yang melengenda di kalangan teknisi “pinggir jalan”😀.  kembali ke atas, bila suhu operasional perangkat rendah (<40ºC),, tidak masalah, dengan catatan hal tersebut dilakukan semata-mata untuk aplikasi yang sifatnya darurat.  masih ragu? komputer saya pernah 3tahun menggunakan pasta gigi pada processor, dan tidak ada masalah, kebetulan saat itu di tempat saya toko komputer masih jarang dan minimnya pengetahuan saya tentang komputer.

kapan mengganti thermal paste? 

Tingkat kerusakan chip oleh panas berlebih pada komputer moderen memang kecil karena chip pada komputer moderen memang kebanyakan telah dilengkapi dengan mekanisme  high temperature protection yaitu dengan menghentikan operasi secara mendadak pada suhu ktitis, so, bila komputer tiba2 blank secara kontinyu saat beban tinggi ( main game, multi tasking dll) , kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginan. pantau suhu lewat software monitoring, tentukan komponen mana yang mengalami overheat, periksa kebersihan heatsink, dan ganti thermal paste pada chip, karena seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami “dried out” a.k.a mengering, tentu saja efektivitasnya pun menjadi berkurang sehingga panas terperangkap pada chip. hal ini sering terjadi pada chip yang mengalami panas tinggi yg cukup intens/sering misalnya gaming PC, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada laptop.

PCP313.make1.h3-580-90

Thermal paste yang telah mengering

Sekilas tentang pengaplikasian Thermal paste

Menurut standar umum, caranya dengan meletakkan thermal paste sebesar biji jagung di tengah chip, lalu di tekan dengan heatsink. beberapa orang  mengaplikasikan dengan cara mengoleskan thermal paste secara merata pada permukaan chip, cara yang digunakan sama2 benar, namun untuk lebih aman, gunakan prosedur yang umum saja,sesuai dengan anjuran pabrikan. kalau mas bro punya cara sendiri, bisa juga berimprovisasi, intinya jangan ada celah kecil antara kedua permukaan. dan yang terakhir In My Opinion, lebih baik jumlah paste yang dipakai lebih baik sedikit agak banyak dari pada kurang dengan kata lain, lebih baik blepotan sedikit dari pada pendinginan tidak maksimal.

conclusion : jangan pernah remehkan fungsi thermal paste, pantau suhu perangkat melaui software monitoring atau melalui bios, sebelum menentukan pilihan. dan jaga selalu kebersihan Fin (bilah) heatsink dari debu, karena pada kuantitas tertentu, debu dapat mengurangi pelepasan panas secara signifikan.

Sekian.

 

Sumber gambar : diambil dari berbagai sumber via googling & desain sendiri

  1. January 27, 2014 at 4:56 am

    info bagus gan, thanks for sharing

  2. sirio
    February 20, 2014 at 1:55 am

    trima kasih pencerahannya, sekarang ane tau fungsi sebenernya dah

  3. Cang
    May 3, 2014 at 10:49 pm

    Procie gua pake thermal pasta yang 10rbuan dicampur serbuk uang logam lumayan dingin loh dipake maen game panasnya nyampe 53 drajat…

    • May 4, 2014 at 2:29 pm

      Yup, rasio perbandingan harga dan kinerja antara yang murahan dan yang mahal gak berbanding lurus.. kinerja beda2 tipis, tapi selisih harga jauhh..

  4. October 10, 2014 at 2:23 pm

    maksih buat infonya. kayaknya saya butuh pasta Arctic silver 5 ni😦 kalo pemakaian biasa, bisa sih tapi “panas” (maklum habis upgarade prossesor), kalo udah nge game, langsung dead ni laptopnya😦 mungkin karena pake pasta murahan kali ya?

    • February 21, 2015 at 7:02 pm

      perhatikan juga heatsink, dan air flownya masbro..kalau panas tertahan di heatsink, pasti pastanya cepat kering..

      • February 22, 2015 at 11:12 am

        Thx, permasalahan saya udah solved. ternyata permasalahan yang selama ini saya hadapi adalah heatsinknya yang sudah rusak

  5. Asterix
    December 3, 2014 at 5:51 pm

    Kalau komputer kayaknya kurang begitu berasa ya antara thermal compound murah dan mahal tapi kalau di console game seperti playstation atau xbox baru deh berasa antara thermal compound murah sama mahal. Thx gan pencerahannya.

    • February 21, 2015 at 6:59 pm

      betul gan… tergantung suhu kerjanya..

  6. fadli
    January 16, 2015 at 10:50 am

    mantap bos gue jadi techinisi dadakan ,,he

  7. Rizqy
    August 22, 2015 at 3:41 am

    Bisa Pake Odol ..? kalo bisa dari dulu aja ane pake odol , soalnya ane males nyarinya

  8. azwar mubharok
    September 3, 2015 at 7:56 am

    terimakasih yahh kang sukses selalu dan bermanfaat

  9. November 16, 2015 at 7:44 am

    makasih gan infonya ane sekarang jd lebih tau tentang merawat kompi ane

  10. Zaen
    November 22, 2015 at 3:40 am

    Saya punya pengalaman menggunakan thermal paste, saya punya rental, suatu ketika 2 buah komputer sekaligus dr beberapa komputer mengalami masalah sering mati sendiri. Dicek hardwarenya baik2 saja. Sedikit merenung akhirnya saya coba mengoleskan thermal paste dipermukaan processor, biasanya cuma mengoleskan pasta gigi hasilnya tak bertahan lama, pakai thermal paste ternyata komputerku dapat berfungsi normal kembali dan anak2 puas main game tanpa mengalami masalah. Sekian ✌

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: