Home > computer > Setting RAM DDR3 patriot low latency KIT

Setting RAM DDR3 patriot low latency KIT

Patriot DDR3 Gseries

DDR3 keluaran patriot seri low latency memang agak membingungkan bagi beberapa user yang belum mengerti. pada umumnya, ram dengan konfigurasi standar memang tidak memerlukan setting ulang, dan pemasangannya tinggal menancapkan di motherboard. lalu bagaimana dengan ram low latency? atau ram dengan peforma tinggi?, ram tersebut beberapa diantaranya tidak akan bekerja optimal tanpa melalui konfigurasi ulang lewat bios.

Beradasarkan literatur yang pernah saya baca di internet,  patriot gamer series DDR3 10600 low latency memiliki konfigurasi di luar standar jedec, oleh karena itu ram ini tetap akan terdeteksi  sebagai ddr3 pc8500 agar dapat berjalan dengan latency 7-7-7, ada 2 hal penting yang harus dilakukan agar ram dapat berjalan maksimal, yaitu setting latency dan voltase. menurut situsnya konfigurasi dari ram ini adalah 7.7.7.20 1,7v maka yang harus kita inputkan pada bios adalah cas latency=7, ras to cas=7, ras precharge=7 dan angka 20 pada tRAS. tanpa settingan tersebut, kemungkinan pertama RAM tidak akan terdeteksi maksimal, meski sudah menggunakan OS versi 64bit, dan kinerjanya tidak lebih baik dari memori standar.

lalu bagaimana dengan voltase? ini yang harus hati2, sebab over voltase juga bisa merusak komponen, oleh sebab itu masukkan jumlah sesuai dengan petunjuk resmi dari vendor terkait. apabila setingan voltase standar pada bios adalah 1.5 v, maka tambahkan 0.2v pada dimm voltage, apa akibatnya bila under voltage? dengan hanya menyetting timing tanpa meningkatkan voltase yang sesuai, maka komputer akan tetap berjalan, tapi kinerjanya yang tidak akan maksimal, proses akan terasa kurang responsif, dan yang paling terasa adalah dalam memainkan game HD yang memerlukan memory yang tinggi, dampaknya dalam beberapa scene(terutama environment 3d dengan frame poligon yg banyak) akan mengalami penurunan FPS yang signifikan… seumpama normalnya sekitar 50~80fps, maka dengan ram yang under rated voltage, fps bisa menurun hingga 15~20FPS..

bila setting gagal/salah, biasanya sistem tidak akan bisa running alias blank dan tidak ada tampilan setelah restart. dont worry just clear your CMOS.. so, menggunakan ram performa tinggi tidak sesimple menancapkan pada motherboard, cara tersebut hanya untuk ram dengan konfigurasi standar.🙂

 

  1. December 19, 2011 at 4:24 am

    Apalagi buat OC, kudu pinter pinter setting ting ting eh timing he.. he..
    lumayan buat maen game bisa nge-bost performance nih memory kaya gini

    • December 21, 2011 at 7:05 pm

      yup,, kmaren temen beli corsair vengeance.. belum disetting, FPS drop abiss..🙂

  2. fahmu
    February 7, 2012 at 4:30 pm

    gan, cara clear cmos gman gan. Ajarin dong

    • April 17, 2012 at 4:35 am

      hehe, ini paling basic banget,, beberapa motherboard memiliki metode reset yang berbeda, tapi yang paling gampang ya cabut batere trus pasang lagi.🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: