Home > Common issue > Menangani isu Global warming dengan mesin S………

Menangani isu Global warming dengan mesin S………

Global warming merupakan isu hangat, meski ancaman ini sebenarnya sudah puluhan tahun yang lalu di kumandangkan oleh para pakar di luar negeri ,. pemerintah dan swasta ikut berpartisipasi dalam rangka menghadapi isu global warming. dari pemerintah, ajakan untuk menanam pohon, berhemat energi dan beberapa program lainnnya sering disosialisasikan melaui media. beberapa vendor IT & otomotif menawarkan solusi dengan produk2 hemat energi dan ramah lingkungan.

sayangnya produk2 hemat energi ini dibanderol dengan harga lebih terutama pada industri otomotif, meskipun tidak semuanya. banyak yang mungkin kurang menyadari,, berhemat dengan mengurangi pemakaian listrik jauh lebih hemat (dikantong) dibandingkan dengan hanya menggunakan produk hemat energi, contoh nyata, dari pada mengganti AC yang hemat daya, lebih baik mengurangi  waktu penggunaan AC  yang ada sebanyak 3 jam per hari atau bila perlu, cukup menggunakan kipas, yang jauh lebih rendah dalam penggunaan listrik.

selain beberapa hal di atas, penerapan energi alternatif juga menjadi salah satu opsi dalam menghadapi global warming. banyak inovasi anak bangsa yang patut di apresiasi, namun sayang-ny hingga sekarang belum ada tindak lanjut serius dari pemerintah, setidaknya itu yang saya lihat cmiiw.

contoh2 dari penerapan energi alternatif (selain bahan bakar fosil) yaitu bio diesel, gas kotoran hewan, bio gas, dan segudang energi lainnya. lalu, berbicara mengenai sumber listrik? ada alternatif yang sangat baik menurut saya, tapi kurang beken di tanah air,  yaitu pemanfaatan mesin stirling, cost bisa lebih murah dibanding menggunakan panel surya alias solar cell yang membutuhkan investasi yang lumayan tinggi. mesin ini membutuhkan energi panas untuk dapat bekerja dan sumber panas bisa dari apa saja, termasuk matahari.

sudah ada beberapa anak bangsa yang mengembangkan,  namun belum banyak dan belum diterapkan sebagai sumber energi utama, semoga kedepannya penggunaan mesin stirling ini menjadi populer sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, mengingat di negara kita berlimpah dengan sumber panas.

pembahasan detail menarik disini

contoh aplikasi pemanfaatan mesin stirling disini

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: