Home > komputer, Personal > Testimonial untuk board ECS

Testimonial untuk board ECS

Sebenarnya saya sudah cukup lama tahu tentang produk ECS, dimulai dari jaman pentium3, namun pada awalnya saya masih kurang mengerti tentang kualitaas dan fitur serta keunggulan suatu brand. di daerah saya sendiri, board keluaran ECS sudah cukup terkenal, banyak Toko yang menggunakan board keluaran ECS pada paket penjualan PC kelas Value, menurut penuturan seorang teman yang bergelut dalam bisnis jual beli komputer, ECS memberikan harga yang cukup kompetitif dibanding board lainnya. disamping beberapa merek lokal, yang secara kasta, dan manajemen kualitas masih dibawah ECS.

Pengalaman selama ini mengatakan, bahwa ada sebuah kelemahan dibalik harga murah, begitu pula awal saya memandang produk keluaran ECS, namun semua persepsi saya terbantahkan oleh beberapa fakta yang saya temui dilapangan. dimulai dari saat mengunjungi warnet milik teman, yang saat itu ingin di chekkan karena kerusakan setelah melihat jeroan dalam, ternyata board yang digunakan adalah ECS, disinilah awalnya saya melihat bahwa PC yang beroperasi sepanjang hari dapat bertahan begitu lama. (PC yang saya periksa, umurnya sudah sekitar 6 tahun lebih) secara teknis, umur sebuah mother board, rata2  berkisar di angka 5 tahun.

pandangan saya pun perlahan berubah.  dan setelah saya amati, beberapa board ECS yang bermasalah, ternyata bukan dari kualitas prouduknya, dan lebih mengarah ke faktor human Error, dimana kebanyakan board ECS yang dipaketkan dalam sebuah pc rakitan, kebanyakan masih disandingkan dengan PSU abal2 bawaan casing,terang saja, kesadaran masyarakat akan PSU yang berkualitas masih rendah.

andaikan setiap orang sadar akan pentingnya PSU, pasti jumlah kerusakan akibat power failure akan berkurang. back to ECS, hingga saat ini, saya belum menemui masalah dari board ECS yang saya gunakan,, padahal, dalam sehari bisa terjadi 5 kali listrik down (jeglek) pada MCB, sebagai catatan saya hanya menggunakan PSU 400w (corsair pure), belum lagi pemakaian kadang bisa hingga 24 jam nonstop dan kondisi overclock ringan.

bukannya bermaksud promosi, ini hanya sebuah gambaran, bahwa, ‘dont judge a book by it’s cover’. secara kualitas, board ecs sudah setara dengan produk2 Gigabyte maupun asus, namun dibanderol dengan harga yang bersahabat.  ada sebuah pernyataan ECS di fan page, dimana mereka tidak bisa memberikan fitur2 seperti board yang lebih mahal, namun mereka menjamin kualitas dan ketahanan pada setiap produknya. yup, disinilah saya “menangkap” sebuah attitude sebuah vendor yang bersikap jujur dan tidak menggunakan taktik mengiming-imingi calon konsumen dengan fitur2 useless.misalnya  full solid capasitor,  yang dalam kenyataanya beberapa vendor kelas atas, ada yang menggunakan trik dengan kapasitor palsu yaitu kapasitor elektrolit biasa yang bertampang solid kapasitor untuk menjerat konsumen.

terlepas dari hal di atas, konsumen juga perlu realistis dalam memilih produk sesuai dengan peruntukan. jangan sampai menggunakan board kelas value untuk mengaplikasikan overclock kelas berat,,,,,,  atau membangun sebuah sistem yang tidak balance, maksudnya, menggunakan seabreg perangkat yang haus energi, tapi tidak mengimbangi dengan asupan daya yang cukup.

satu hal lagi yang meningkatkan Value dari board ini, yakni purna jual yang baik. board adik saya (ecs Gf8200) rusak pada saat 1 bulan menjelang garansinya (3 tahun) habis. kerusakan terletak pada sata controller pada chipset dan hanya dapat mendeteksi IDE. setelah dikirim ke servis pusat (samarinda-jakarta), akhirnya board selesai diperbaiki dalam waktu 3 minggu, masih bisa ditoleransi, mengingat tidak dikenakan biaya sepeser pun. hehehe.

bicara Value, ECS board  is a reliable option.  thank you..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

