Home > Uncategorized > WD vs Seagate ?? (Pilah-pilih HARDISK)

WD vs Seagate ?? (Pilah-pilih HARDISK)

“Versus” pada judul diatas sering menjadi topik hangat dalam banyak forum, saya juga sempat membaca sana-sini tentang opini para anggota forum dan tulisan2 maupun review di internet dan hasilnya mengarah ke kesimpulan tertentu yang cenderung lebih menomorsatukan merk tertentu.

Perlu disadari bahwa Hardisk merupakan tempat penyimpanan data utama, dimana reliability atawa kehandalan sangat penting demi menjaga keamanan data. banding-membandingkan antar brand pun menjadi topik yang selalu diangkat demi memilih mana dari beberapa kontestan yang terbaik.

ada banyak sekali Merek yang beredar dipasaran, namun untuk saat ini, seperti hal-nya Nvidia&AMD (Ati) dalam hal Gpu, WD dan Seagate seringkali jadi “korban” perbandingan yang dibahas dalam topik2 yang beredar di internet.

Pada tulisan ini saya tidak melakukan pengetesan, dikarenakan tidak memiliki lab-test layaknya media, namun sebagai pehobi colak colek komputer, mungkin sedikit pengalaman saya bisa membantu teman2 dalam memilih hardisk, namun mohon dimaklumi bila saya terkesan “Sotoy”,,ini hanya beradasarkan pengalaman pribadi saja. berikut pernyataan yang sering saya temui…

WD lebih baik dari Seagate??

Mayoritas dari cpu-holic memang lebih menyukai WD, banyak testimonial yang menyatakan WD memiliki performa yang handal dan kinerja yang cepat dan harga yang murah. saya pun mengakui merk WD lumayan mumpuni, namun kinerja HDD itu sendiri sangat dipengaruhi spek yang dimiliki. HDD dengan Cache lebih besar tentu saja memberi kinerja lebih baik, meski dalam beberapa kasus, tidak mutlak seperti itu, karena banyak faktor lain yang mempengaruhi, misalnya kecepatan putaran HDD, firmware,Jenis HDD dan teknologi yang digunakan. oleh karena itu bila menginginkan performa, mungkin akan lebih baik melihat dari spesifikasi yang tertulis ataupun benchmark oleh media daripada hanya sekedar melihat merk, suatu merk tidak akan bisa bertahan di pasaran bila memang ternyata TERBUKTI kurang baik.

WD Lebih awet dari Seagate??

Banyak dari anggota forum yang mengungkapkan hal ini, namun sejujurnya, dari pengalaman saya sendiri, Seagate pun tidak kalah awetnya, baik buatan thailand, China dan Singapore, Belum ada satu pun HDD seagate yang saya pakai mengalami kerusakan ataupun badsector. kerusakan HDD itu sendiri bisa dipengaruhi oleh komponen lain, terutama pada sektor kelistrikan. kalaupun banyak kasus kerusakan yang terjadi pada merek tertentu dalam suatu wilayah/area, perhatikan market share dari produk tersebut. Bila 80 persen menggunakan merek A dan sisanya menggunakan produk B,C,dan D, tentu saja jumlah kerusakan produk A akan lebih banyak. sekarang tebak, HDD apa yang paling banyak dipakai?? cari tahu sendiri ya..hehehe

Seagate lebih panas dari WD??

Lagi2 kebalikan dengan apa yang saya alami. sebagai catatan, komputer yang saya pakai kerja menggunakan 2 buah WD 32ogb dan komputer pribadi menggunakan Seagate 1 Tb& Seagate 500Gb (umurnya juga kurang lebih sama) . iseng2 saya menyentuh bagian atas HDD dengan telapak tangan dan saya bingung, WD jauh lebih panas Dari Seagate, padahal CPU baru saja dinyalakan (sekitar 3 jam) dan Seagate sudah running selama 2 Hari (torrent=ON). kenapa bisa begitu?? IMO, meskipun sama2 berputar, namun belum tentu aktivitas keduanya sama. HDD lebih panas juga bukan berarti kurang baik,saya pernah membaca, namun lupa dari media apa, sebuah penelitian menunjukkan hasil dimana hdd yang bekerja pada suhu normal (hangat) malah lebih awet daripada yang bekerja pada suhu lebih rendah dengan menggunakan pendingin tambahan.

Jadi gimana? jawabannya adalah kedua merek sama baiknya, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan. faktor keawetan dan keamanan data kembali ke cara kita memperlakukan komponen, jam kerja yang tinggi juga akan cepat mengurangi umur pakai, so, keawetan HDD yang On 24 jam dan yang cuma nyala 3 jam per hari jelas berbeda. faktor hardware juga mempengaruhi,HDD pada CPU yang menggunakan PSU abal2 dan yang berkualitas baik jelas akan berbeda dalam hal keawetan dan umur pakai. Opini bisa saja berbeda2, namun kualitas suatu produk akan menentukan eksistensi produsennya, contohnya saja produk M*xtor yang sudah tidak eksis lagi dan diambil alih Seagate karena telah “gagal” memberi produk yang baik. jangan terkecoh tanpa data dan fakta, gunakan logika…kalau mau aman tanpa repot, cari tahu saja mana yang paling banyak digunakan, data bisa hunting di google..bila terjadi kerusakan, berarti anda kurang beruntung…karena umur suatu produk tidak dapat diprediksi secara akurat..

 

Categories: Uncategorized
  1. November 3, 2012 at 12:48 pm

    Aku suka anda dalam memberikan arahan bang

    • December 10, 2012 at 8:07 pm

      ehm.. sanjungan adalah terror (Tukul Riyanto)🙂

  2. December 7, 2012 at 3:28 pm

    makasih byk mas ^^

  3. January 3, 2013 at 1:58 pm

    fiuhh… baru aja saya beli hdd seagate. kata mbak2nya juga yg complain mengenai hdd bermasalah merek seagate relatif sedikit. bisa diasumsikan brarti didaerah saya yg jual seagate dikit. hahaha..

    btw, itu kan untuk hdd internal 3.5″ ya?
    di review juga dong untuk yg portable 2.5″ gimana nasipnya?

    salam,

    • February 7, 2013 at 5:24 pm

      Sejauh ini, seagate yang 2,5 error ratenya lebih besar dari WD itu pengalaman saya mas..

  4. Anggriawan
    February 4, 2013 at 9:08 am

    wd lebih panas dari seagete?kayanya ga deh malah seagete itu panasnya ampun2nan deh daripada wdc, saya nyoba wdc 500gb green compare sama seagete, panas kemana mana seagete.

    • February 8, 2013 at 1:18 pm

      tergantung tipe juga sih mas sama penggunaan.. yang saya coba wd blue caviar😉

  5. ace
    February 16, 2013 at 11:13 pm

    faktor kebruntungan juga ada min🙂
    itu kenapa barang elektronik mesti ada garansinya coz pasti ada produk gagal tiap bbrp ribu produksi dan tidak mngkn dicek 1-1 sblm dijual plng cuman diambil sampel aja
    kalo pas bruntung ya bisa rusak itungan minggu bahkan hari karena dpt produk cacat😄

    • March 12, 2013 at 12:12 pm

      Yup, tidak ada jaminan pasti barang akan awet, dan dalam beberapa kasus ada beberapa batch ygn memiliki cacat desain.🙂

  6. May 1, 2013 at 4:32 am

    awet atau nggak tergantung penggunaan seh

  7. ajar
    October 1, 2013 at 2:37 pm

    sy berselancar di gugle menemukan banyak yang bilang seagate lebih bising/brisik dari pada wd, menurut ente sendiri yg udh punya 2 merek tsb bagaimana ?

    • January 8, 2014 at 6:23 pm

      sami mawon.. kalaupun ada yang error biasanya batch tertentu gan (kebanyakan masalah firmware)..🙂

  8. chio3846
    October 19, 2013 at 10:11 pm

    Saya baru mau beli Hardisk, klo kembali kepada keberuntungan dan pemakaian susah juga yah..

    Mimin ga menjatuhkan salah satu,juga ga meninggikan salah satu, klo semua kembali pada pengguna..baca ini jadi tambah bingung milih..hahaha..

    BTW..saya suka cara mimin menyajikan infonya..-̶̶•̸Ϟ•̸tнänκ чöü•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶̶‎

    • January 8, 2014 at 6:22 pm

      sip.. terimakasih udah mampir..🙂

  9. November 27, 2013 at 4:34 pm

    wah… tidak memihak salah satunya. betul itu gan. bagaimana pun kebaikan dari sebuah produk, it depends dari pemakainya. entah ketika bad sector atau kerusakan yang lainnya, kita seyognya kembalikan semua pada diri pribadi. yah, itung2 pengalaman pribadi (nga nyampe banting lappy sih gan…) ^^

    tapi ilmu itu sangat bermanfaat. dari manapun datangnya. terima kasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini gan.
    keep ganbatte and be a voulenteer… ^^

  10. fakhrod
    January 4, 2014 at 6:55 am

    Ini Baru Ide, Imbang Dan Objektiv

  11. opinshare
    March 24, 2014 at 12:57 pm

    TIDAK DAPAT DIPREDIKSI SECARA AKURAT << SUKA BANGGET QUOT SATU INI. CADAS TREBEL DAN TELAK. Nice posting bro

    • April 3, 2014 at 7:50 am

      berdasarkan literatur dan pengalaman bro.. thanks sudah mampir…

  12. June 19, 2014 at 6:35 am

    pengalaman pribadi : untuk psu nya jgn yg abal-abal pakai yg agak mahal dikit dan intinya cpu nya harus rajin di bersihkan minimal 2 bulan sekali, jgn sampai jdi sarang spiderman.

  13. InginCerdas
    July 20, 2014 at 9:57 am

    WDC VS SEAGATE menurut saya awet SEAGATE, WDC cepat panas, headnya cepet kena, cepet kena peringatan S.M.A.R.T hoehehe .. klo beli mending Seagate deh atau Iomega

  14. jameco
    October 5, 2014 at 2:19 am

    ane punya HDD internal Seagate 120GB (beli thn 2005), seagate 2TB (2014), seagate 3TB 2 biji (2014), WD640GB (2009) ampe detik ini itu semua jalan di CPU jadul ane..
    Seagate 120GB itu dr awal beli ane pake sbg HDD sistem XP (driveC:)
    tahun 2012 ane beli 2 biji external WD 2TB (isinya WD green), cuma brtahan 1 tahun 2 biji WD 2TB ane mati (padahal pemakaian udah super hati2) & ga ane klaim garansi karena banyak data yg sangat pribadi..
    berdasarkan pengalaman sih WD emang jauh lebih ga berisik drpd seagate, tapi kalo ada masalah power ato apalah WD tiba2 mati total ga ada tanda2 ato bunyi..
    beda kalo seagate kalo ada masalah dia pasti ada bunyi2 aneh. .yang kadang bisa sembuh sendiri lho soalnya seagate 120GB ane itu pernah kena smart error, spinrite error & bunyi cekot2 (kurang arus) tanpa ane apa2in dia sembuh sendiri..

    • February 21, 2015 at 7:04 pm

      pengalaman setiap orang bisa beda2 mas,, karena banyak variabel lain yang mempengaruhi, terutama PSU, dan hal2 lain.. terimakasih atas sharingnya.

  15. jameco
    October 5, 2014 at 2:32 am

    yoi bener tuh barang refublish itu asal muasalnya dari hdd rusak yg di claim garansi..
    jadi bagian yg masih bisa dpake dari HDD rusak itu dipake lagi utk dproduksi hdd baru contoh piringan Disk nya.. selama Disk nya ga ada cacat (bad sector) masih bisa di pake lagi..
    kerusakan yg paling fatal dari HDD itu bisa dari main board HDD (PCB), optik, motor & bad sector

  16. gede
    January 27, 2015 at 11:17 am

    Pernah pake wd caviar blue 320 gb dari 2014.kena peringatan S.M.A.R.T di hd tune.tiba tiba matot.punya seagate 160 gb dari tahun 2012 awet dinyalain 6 jam sehari.seagate bagus juga.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: