Home > Personal > (selipan) Sedikit Curhat..wkwkwkwk

(selipan) Sedikit Curhat..wkwkwkwk

Beberapa minggu terkahir  saya memang  kurang aktif di internet, meski sebenarnya tidak putus koneksi total, namun banyak hal yang bisa dikatakan mengurangi nafsu bereksis ria, salah satu yang aktual adalah istirahat panjang paska resign dari tempat saya bekerja (cie ile)..

Sekarang posisi saya di sangatta dan yang saya benar2 enjoy terlepas dari rutinitas sebagai teknisi software yang sudah saya jalani hampir setahun  lebih tanpa libur panjang (ada libur, tapi paling banter 3 hari dan hanya 1 kali), sambil liburan, saya jalani sambil belajar Wireless-networking Plus ROUTING dan masih dalam fase “googling sana sini”

Story behind the “networking-penasaranholic”

awal masuk kuliah : melihat kos-kosan teman yang memiliki jaringan, terbesit rasa penasaran untuk mempelajari jaringan dan ingin mengimplementasikan juga di tempat saya ngontrak. pada saat bapak (orang tua saya) datang untuk membelikan laptop, tidak saya sia2-kan untuk meminta peralatan untuk belajar, pada saat itu saya membeli sebuah tang crimping dan cable tester.

Semester berikutnya : lama tersimpan dilemari, akhirnya tang crimping dan cable tester terpakai juga, setelah saya punya dana untuk membeli desktop switch 8 port D-link, saat itu harganya sekitar 240 ribu. langsung saja saya coba mengcrimp kabel dengan konektor rj 45 yang saya beli di Jl. Pramuka. awalanya saya uji coba dan setting IP adress (praktik dari buku) akhirnya berhasil, dan uji coba pertama saya tes dengan memainkan Counter strike antara laptop dan PC ,meski sebenarnya bisa saja dengan menggunakan Kabel Cross tanpa switch.

Next session : disebelah kontrakan adalah kost dan juga memiliki jaringan, saat itu saya berpikir, mungkin saja kedua switch bisa disambungkan, agar yakin, saya googling lagi dan teenyata memang bisa, begitu kiriman datang langsung saja saya dan adik saya membeli kabel utp merk TP link sepanjang 50 Meter (belinya 2000/mtr), waktu itu dana menggunakan Uang milik adik saya karena memang saya lagi bokek-tenan.hehehe (bahasa ngemix)..saya iming2i dengan janji bakal bisa bermain Dota dengan anak kost sebelah, akhirnya dia bersedia mengucurkan dana.🙂

Hasil eksperimen : setelah dicoba, koneksi lancar jaya, dan akhirnya berhasil, kendala waktu itu memang ada, namun dapat segera teratasi, selama beberapa bulan, switch terpakai untuk bermain dota (paling tidak barangnya terpakai🙂 )

Lama setelah itu, muncul niatan untuk belajar jaringan wireless, saya masih ingat sekali ketika pertama kali membeli laptop, saya bingung mengkoneksikan dengan jaringan wireless di kampus, karena pada saat membuka browser tidak konek sama sekali, meski status pada laptop sudah connected. saya tetap saja belum mengerti konfigurasi AP/wireless router karena belum ada alat untuk di gerayangi sebagai bahan praktek, samapai akhirnya saya bekerja, iseng2 saya utak utik WirelessRouter, dan mempelajari settingan didalam, dan proyek pertama yakni instalasi jaringan wireless di tempat baru dimana saya dipindahkan dari cabang utama.

berhasil? ya iyalah, meski awalnya gagal karena bingung dengan buku manual yang njlimet (sebenarnya simpel, namun proses mentranslasikannya yang bikin sedikit bingung),senang sudah pasti, karena rasa penasaran telah lenyap dari otak..hehehe

MikroTik RouterOS: awal niatan belajar mikrotik, saya beli RB 750 yang dijual oleh teman dari teman saya di facebook, dengan harga 550ribu, itupun awalnya tidak ada niat, namun karena saya pikir lumayan murah dari yang teman saya ceritakan (harga juta-jutaan) akhirnya saya putuskan untuk membeli (mumpung ada uang) setelah itu COD-an (janjian ketemu) akhirnya t.e.r.b.e.l.i, namun hasilnya??= bingung absolut, bagai orang buta masuk kedalam ruang teka-teki, googling pun kurang membantu.hmmm,, karena belum mampu menyerap ilmunya, akhirnya RB750 saya tinggalkan tergeletak dalam lemari, karena kurang paham, dan passion juga belum FULL untuk belajar.

Pada bulan februari kemarin, saya di infokan teman tentang pendaftaran training mikrotik yang akan di adakan di samarinda oleh Best Camp,(seperti yang sudah saya bahas di postingan sebelumnya), saya berpikir, memang lumayan mahal bagi karyawan dengan gaji pas-pasan seperti saya, untungnya orang tua bersedia memberikan dana, (fiuh),,  kapan lagi bisa belajar sambil berdiskusi dengan pakarnya..!!

Hasilnya ya lumayan, namanya juga basic, sampai saat ini, ada sedikit basic yang sudah saya implementasikan,dan yang paling penting saya bisa mengerti tentang konsep dari routing itu sendiri, dan kedepannya saya pengen sekali membangun jaringan RT/RW, dan point to point (long distance), dan saat ini hanya berharap ada uang sekarung berisi 100ribuan untuk membeli perangkat networking untuk mewujudkannya (mewujudkan keinginan untuk PRAKTEK ga pake “teori-wae”)…wkwkwkwk….just kidding…

yah itulah sedikit cerita belajar saya,,, dan demikianlah gambaran bagaimana cara saya agar “bisa”. boleh dibilang cara belajar paling tidak efisien, namun sebenarnya dari segi penetrasi ilmu,cara tersebut paling efektif dan tidak perlu nunggu (selama ada dana), meski akhirnya barang yang dibeli sebagian teronggok di lemari, paling tidak, sudah membuat saya mengerti,….dan tidak sedikit teman yang suda saya “tularkan”, meski dalam koridor EXPERT, pengetahuan saya masih terbilang CUPU (Culun Punya)… at least (lagi2 “paling tidak”), saya bukan bagian dari masyarakat gaptek Indonesia..hehehe.. saya tidak punya teman curhat, facebook bukan tembat yang baik, akhirnya saya tumpahkan disini…… dan ketika, RT/RW sudah jadi, I’ll be back with more post…

Categories: Personal
  1. April 16, 2011 at 3:49 pm

    ngapa’in mas ke sangata,
    Kalo mau kawin jgn kd ingat undangannya lah…
    Hehe

  2. June 6, 2011 at 4:52 pm

    urusan keluarga.. wow, ni blog kayanya hampir berkarat… boleh juga, tapi calonnya belum FIX..hehehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

