Home > komputer, TechTips > Monitor tiba-tiba Blank pada HIS RADEON 4650

Monitor tiba-tiba Blank pada HIS RADEON 4650

Seorang pelanggan mengeluh bahwa komputer yang dibeli selalu blank setelah kira2 15 menit setelah dinyalakan, Sudah 3 kali saya menemui masalah yang sama, dan hanya terjadi pada radeon 4650 keluaran HIS, saya sempat berasumsi bahwa masalah tersebut mungkin hanya pada driver VGA, namun ketika saya mengakses komputer melalui safe mode, masalah tetap timbul.

HIS Radeon 4650

Secara logika, pada safe mode, OS hanya menggunakan driver ‘dasar”, sehingga asumsi masalah pada driver menjadi tidak valid. langkah berikutnya saya membuka penutup case dan mulai memainkan indra (cara klasik deteksi permasalahan hardware) dengan menyentuh beberapa chipset dan heatsink, dan hasilnya, heatsink VGA terasa seperti panci yang berisi air mendidih, wow, setelah dinyalakan, tampaklah akar permasalahan, kipas pada VGA tidak berputar (seret/macet), kalau sudah begini, INUL, alias install ulang bakal “ngga’ ngefek”…. sebagai catatan, komputer tsb merupakan komputer Game center dan memiliki jam kerja yang lumayan tinggi, dengan jam kerja yang tinggi, pelumas dalam dinamo lama kelamaan dapat mengering akibat suhu yang tinggi, terlebih pada fan HIS 4650 , dimana dinamo menempel langsung pada permukaan heatsink.

SOLVING

Langsung saja saya melepas dinamo kipas, dengan mencabut kabel power fan, dan 3 baut pengikat, lalu menyemprotkan pelumas melalui celah anatara kipas dan dinamo, agar merata, putar kipas dengan tangan, sekaligus untuk memastikan Fan sudah tidak macet lagi. sebenarnya pelumas yang benar adalah grease untuk plastik (seperti yang disertakan dalam TAMIYA/mini 4Wd) , namun grease ini agak sulit ditemui dipasaran, bila teman2 tidak memiliki pelumas khusus, bisa saja menggunakan minyak singer (mesin jahit) atau yang paling gampang ditemui yaitu minyak goreng, menggunakan anti karat (penetrant) seperti WD40 akan sia2 karena akan cepat mengering , dan masalah akan muncul kembali.

RESULT

Setelah terpasang, komputer saya nyalakan kembali, dan hasilnya so far so good, 5 jam nonstop tidak ada gejala layar blank.  bagi yang mengalami masalah yang sama langkah di atas boleh dicoba boleh juga tidak (khusus bagi yang berduit banyak tinggal , lem biru, lempar beli baru ) hehehe….bagi yang punya permasalahan lain mengenai VGA, monggo ditanyakan lewat comment section dibawah, siapa tahu saya bisa bantu, tapi bukan berarti saya hebat lho, kita sama2 belajar dan sharing, ok? ;)

About these ads
  1. March 28, 2011 at 9:13 am | #1

    nice info ;)
    kemarin laptop q juga sempet Blank gara2 masukin dvd bajakan… ealah gak mo jalan tuch d dvd dan g bs d ejec akhirnya alternatif terakhir pake cara darurat langsung aq off-kan… waduh tambah error, tapi untunge bisa teratasi setelah nunggu 1 jam lebih krn keping dvd-nya otomatis keluar… dan bisa lagi deh :D

    • March 29, 2011 at 3:49 pm | #2

      Itu sih gak nyambung sama postingan ceritanya mbak yuni, dan juga bukan karena VCD bajakan, kebetulan saja CD bajakan yang dipakai sewaktu dvd romnya :P owalah !

      • April 1, 2011 at 9:04 am | #3

        hehehehe :)
        gak pa2 lah gak nyambung… ntar d sambung pake tali ;) Maklum aku bukan ahli IT jadi gak begitu tahu :oops:

    • April 1, 2011 at 12:19 pm | #4

      hehehe, memang dalam 1 gejala, bisa jadi 1001 kemungkinan….

  2. March 28, 2011 at 10:54 am | #5

    anda seorang mekanik…?

    • April 1, 2011 at 1:15 pm | #6

      Cuma teknisi software mas,, Mas dari Tangerang?? :)

  3. March 28, 2011 at 2:30 pm | #7

    kaya itukah mbaikinya skalinya…

    • April 1, 2011 at 12:23 pm | #8

      yup, intinya, sebelum memutuskan kerusakan, meski diselidiki, karena komputer merupakan sebuah sistem, satu kerusakan bisa jadi merupakan efek berantai dari kerusakan pada komponen lainnya… .. :) thank’s

  4. March 29, 2011 at 3:52 pm | #9

    Info yang sangat bermanfaat, selama ini saya dalam membersihkan dinamo mempergunakan WD-40/ philips, untuk mencari grease untuk plastik ditempat saya juga sulit, namun ternyata mudah didapatkan apabila kita membeli di service Playstasion, sehingga saya tidak pernah kehabisan stok, trims mas victor atas info emasnya ! :D

  5. April 1, 2011 at 12:21 pm | #10

    Thanks juga mas infonya, baru tahu kalo servis PS punya banyak stok…saya disini nyarinya emang agak susah, karena memang pasarannya kurang luas dan hanya terbatas pada servis elektronik..

  6. baka
    May 28, 2011 at 1:37 pm | #11

    bang, kalo vga nya onboard gimana?? vga nya ati hd 3300.
    permasalahan hampir sama sekitar 5-10 menit pc hang sebentar trus monitor blank(hitam). tp pc tidak mati ataupun restart sendiri(monitor juga masih hidup). kalo restart manual masalah terulang kembali. begitu pula pada save mode.
    gw uda update driver terbaru juga begitu….
    tolongin dong bang….
    pusing ni mikirnya… dimana masalahnya..

    • May 30, 2011 at 5:35 pm | #12

      1 gejala bisa banyak kemungkinan, kalau di awali dengan hang pada sistem kemudian monitor blank biasanya gejala error pada memory, coba pinjam memory (RAM) punya teman yang masih bagus lalu reset CMOS (cara singkatnya cabut batere lalu pasang lagi, lakukan pada saat komputer dalam keadaan mati)…..kemungkinan lain, biasanya ada grid solder yang tidak melekat sempurna pada chipset diakibatkan overheat. kalau sudah seperti itu,, sebaiknya dibawa saja ke servis center terdekat, karena memerlukan alat khusus dan keterampilan elektronika tentunya. thanks .., ;)

  7. July 6, 2011 at 4:11 pm | #13

    mas,pc saya jg gtu mslahnya…
    monitor blank dan pc nya ngehang….
    saya kira d vga nya,trus saya pakai vga onboard,dan tidak ada msalah…
    itu apa maslahnya ya?
    makasih sebelumnya…

    • July 20, 2011 at 11:03 pm | #14

      detil kronologisnya seperti apa mas? karena banyak sekali kemungkinannya, bisa saja vga card add-on yang dipakai mengalami overheat, karena baik add-on maupun onboard masing2 memiliki GPU yang bekerja sendiri2 sehingga tidak saling berkaitan,

  8. esa
    July 23, 2011 at 2:16 am | #15

    mas, saya pakai HIS HD 5750 nh, masalahnya hampir sama, saat main game tertentu, tiba” monitor jadi blank(suara normal), lalu hang(suara jd det det det).
    kalo saya cek vga cardnya memang aga hangat tp fan’y masih jalan.
    bagaimana ya solusinya?

    oia tmbahan : awalnya saya pake win7 x86 lalu install ulang jd x64, alhasil game yg bkin blank’y turut berubah(awalnya PES blank jadinya PES normal namun bbrapa game lain malah jadi blank).

    thanks

    • July 25, 2011 at 7:03 pm | #16

      Langkah awal yang bisa dilakukan bisa dengan mengupdate driver VGA yg terbaru yang bisa di download di situs resmi AMD, apabila yang digunakan adalah driver yang terbaru, coba downgrade menggunakan driver lama (bawaan VGA), bila langkah tersebut tidak membawa hasil, buka casing CPU, nyalakan komputer dan amati, apakah suara kipas bertambah nyaring atau ada lampu led merah menyala pada board VGA? bila ya, menurut analisa saya (yang masih cetek :D) kemungkinan eror disebabkan masalah suply daya dari PSU (melalui 6pin PCIex power connector).. error ini bisa disebabkan karena listrik yang sering “jeglek” yang berimbas pada menurunnya kinerja PSU.. solusinya, pinjam PSU punya teman (yang berkualitas tentunya) dan coba mainkan game yang dimaksud, apabila berjalan lancar, kemungkinan PSU bermasalah karena tidak sanggup mensupply daya yang diperlukan saat beban puncak. Thanks. :)

      • esa
        July 27, 2011 at 5:43 am | #17

        untuk dngar suara kipas vga’y, aga sulit di dngar karena ketutup suara kipas di casingnya..
        tp lampu led yg di casing jadi redup sehingga saya menganggap not responding.
        untuk masalah listrik, apa yg dimaksud listrik dari rumahnya?
        aku pakai PSU OCZ fatal1ty 550W, apa msh kurang>

      • August 2, 2011 at 12:48 pm | #18

        PSU sudah lebih daricukup kok, Listrik rumah maksudnya arus listrik pln. Led yang saya maksudkan semacam lampu led untuk debugging di VGA card(dalam keadaan normal akan mati). Kalaupun semua yang telah dicoba belum memberikan hasil, coba mas bongkar vga, bersihkan debu yang menempel pada komponen2 internal, pasang kembali dan pastikan semua komponen terpasang dengan rapat. Bila tidak ada sinyalemen positif, kemungkinan hardware yang bermasah,chek di service station terdekat, dan bila benar terjadi kerusakan hardware, klaim garansi saja bila masih berlaku. Makasih sudah mampir di marih ;)

  9. Reinold
    August 28, 2011 at 6:11 pm | #19

    Bang aku mau nanya..pnyaq laptop hp compaq cq-40..prosesor core 2 dua..aku instal windows7..stelah instal,karena gak ada driver vga nya aku coba pake pnya acer amd..setelah restar,tampilannya sampe resuming windows n ada crusornya tpi gak mau masuk sampe desktop..kira2 masalahnya apa?aku coba mau instal ulang tapi gak kebaca driver windowsnya n gak bisa panggil safe mode…tolong bantuannya ya ?makasih sblumnya..

    • September 1, 2011 at 5:23 pm | #20

      chip VGA-nya apa mas bro?? Radeon juga? kalau menggunakan intel graphic, seharusnya generasi core 2 duo (intel 4 series) sudah tidak perlu install driver VGA karena sudah ada didalam paket instalasi Win 7, kalau pakai chip Ati, identifikasi dulu seri berapa yang digunakan? jangan sampai tertukar driver chipset ati dengan driver VGA ati., resuming biasanya karena komputer dinyalakan dari keadaan hibernate, kalau tampilan blank pada awal start up, untuk masuk safe mode coba tekan f8 terus menerus dari awal boot. bisa juga kerusakan karena faktor lain. thx :)

  10. December 16, 2011 at 9:05 am | #21

    Ketika sedang santai di kantor, teman menanyakan tentang komputernya, bahwa monitornya ngeblank alias gak nyala lagi kenapa ini? sudah di ganti dengan monitor lain tetap saja ngeblang? apa kira2 permasalahan yang terjadi?

    • December 21, 2011 at 7:06 pm | #22

      waduh, banyak penyebabnya tuh mas bro,, harus di analisa dulu,, biasanya RAM mati/rusak, kemudian PSU gak ngangkat…dsb.

  11. puthut
    February 16, 2012 at 4:36 pm | #23

    mas saya barusan VGA spek sama, ane buka bersihin kipasnya ane pasang lg, nyala…tp 2 menit ngeblank….. caranya fimana mas

    • April 17, 2012 at 4:34 am | #24

      Maaf baru sempat dibalas, perhatikan putaran dinamo, apakah pada saat blank putarannya menjadi lambat/berhenti? bila ya, berikan sedikit minyak silikon, atau minyak goreng :) pada bagian internal dinamo, dan pastikan tidak ada kabel bersliweran didepan kipas. bila kipas normal dan masih terjadi gejala blank, dinginkan CPU, nyalakan komputer, masuk bios dan perhatikan PC Health monitor (yang menampilkan indikator suhu perangkat) amati apakah ada komponen yang memiliki suhu tidak wajar (diatas 80° C)… selamat mencoba :)

  12. yugo
    April 18, 2012 at 1:10 am | #25

    mas..saya gk tw masalhnya apa…(mungkin sama),,,saya beli cpu baru pake monitor lama tapi,,,setelah saya instal seven,,,lancar,,instal driver mobo mulai da msalah,,jadi monitor saya tiba2 blank…cuma ada kedip2 spasi aja dikiri atas,,,(kondisi ini,,cpu masih idup),,trus gk lama…cpunya nyusul ikut mati juga…gmana y mas???

    • April 24, 2012 at 5:27 am | #26

      Kalo cuma muncul spasi,, kemungkinan Sistem ga bisa booting.,,, coba perhatikan ada card reader/flashdisk tertancap atau tidak? pastikan boot priority-nya main HDD.. harddisk…kalau ada internal card reader,, coba matikan Legacy USB di menu bios.. selamat mencoba ;)

  13. MasRudi
    March 1, 2013 at 6:26 am | #27

    Mas kalo kipas VGA masih muter,, bahkan sudah ganti dengan VGA PC lain yang berjalan normal,, tapi masih sama aja,, selalu blank gitu kenapa ya ? Trims

    • March 12, 2013 at 12:11 pm | #28

      Banyak kemunngkinan mas. bisa saja mainboard atau memory. cara simplenya? ya trial & error,, coba dari kemungkinan terkecil dan mudah dulu,1. reset bios, bila belum berhasil,2. ganti ram, bila masih gagal juga coba pakai motherboard dengan chipset serupa (supaya tidak crash). demikian cara cowboy dari saya hehehe…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: