Home > komputer, TechTips > “Cara lain” membersihkan Laptop kesayangan

“Cara lain” membersihkan Laptop kesayangan

Frekuensi pemakaian yang tinggi dan lingkungan yang berdebu akan membuat  laptop kesayangan menjadi sangat kotor dan dekil dalam jangka panjang, terutama pada laptop berwarna cerah (putih, pink, kuning, yang biasanya dimiliki kaum hawa :-*), selain kurang enak dipandang, kotoran debu yang menempel juga dapat  berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen. kita dapat membersihkannya dengan cleaning kit yang banyak tersedia di pasaran, namun apa bila anda tidak memiliki waktu atau tidak ingin repot untuk mencari cleaning kit tersebut, barang2 dan pembersih yang berada disekitar kita, juga dapat kita manfaatkan.

Berikut tips cleaning masing2 komponen:

1. Layar LCD: bahan dasar yang digunakan pada LCD cleaning kit mengandung unsur detergent, namun pada LCD jenis crystal clear (permukaan bening) , pembersih tsb dapat meninggalkan bercak yang banyak, dan hanya efektif pada LCD  jenis lama yang masih memiliki permukaan yang buram, solusinya yaknii cukup dengan menggunakan tissue, kain perca yang lembut dan pembersih piring merk s*nlight ataupun sejenisnya. namun perlu kehati-hatian dalam membersihkan agar tetesan air tidak mengenai part yang sensitif, langkah langkahnya : (1)campur air dengan cairan pembersih piring, (2)lalu basahi kain perca dengan air sabun dan peras, setelah kain cukup lembab dengan air sabun, usapkan secara lembut pada permukaan LCD hingga merata. kemudian, (3)bersihkan sabun dari kain, dan basahi kain dengan aie, kemudian peras hingga air tidak menetes, (4)usapkan kain yang telah dibasahi dengan air tadi pada permukaan LCD untuk membersihkan sisa sabun yang masih menempel pada LCD, (5)setelah diusap secara merata, segera usap layar dengan tissue agar tidak meninggalkan bercak, agar hasil lebih kinclong, lap permukaan LCD yang telah diusap tissue dengan kain pembersih kacamata, dijamin hasilnya tidak kalah dengan pembersih seharga 30 ribuan.

2. Keyboard : Pada laptop dengan keyboard berwarna putih, kotoran yang menempel sangat terlihat dan terkesan dekil, membersihkannya dapat dilakukan dengan menggunakan alat2 seperti yang digunakan untuk membersihkan LCD, namun sebaiknya gunakan kain perca yang sedikit kasar,dan campuran sabun lebih banyak dari air, lalu digosok dengan tekanan sedikit lebih kuat. dan untuk membersihkan debu yang terselip dibawah tombol, bisa dibersihkan dengan menggunakan kuas cat kecil, lalu meniupnya agar debu terlepas.

3. Bodi : Langkah2nya sama dengan no 2. namun bila kotoran agak membandel, lakukan gosokan pada daerah yang sama beberapa kali hingga permukaan benar2 bersih dan bersihkan sisa sabun dengan kain yang telah dibasahi dengan air dan diperas.

4.Internal: untuk membersihkan bagian dalam memang sangat merepotkan dan sangat beresiko bila dilakukan oleh yang kurang paham, namun untuk “bersih2 ringan” cukup dengan membersihkan debu yang menempel pada heatsink/fin menggunakan aircompressor atau electric blower, namun bila teman2 tidak memilikinya, bisa saja mampir dan pinjam di bengkel sehabis pulang kuliah/bekerja ..hehehe

Okeh… sekian tulisan yang tidak bermakna , namun cukup practical dari saya… bukan sekedar asal tulis, karena saya sudah melakukannya pada milik orang lain, (pada waktu itu, tempat kerja saya baru buka,sebagai promoso kecil2an saya berinisiatif untuk membersihkan laptop milik klien yang saya perbaiki, dan yang menyenangkan buat saya, si pemilik terkesan dan bertanya2 bagaimana saya melakukannya :D) see you on the next post.. ciaooo!!..

  1. March 4, 2011 at 12:21 am

    paling males kalo mau beresihin laptop hi hi..
    ada lho bro mini vacum cleaner yang di bawah 50rb.. lumayan buat sedot debu di sela2 yang kecil.. tips nya keren2 bro.. keep posting ^_^.

    • March 9, 2011 at 3:11 am

      iya, dulu juga saya sempat lihat, tapi waktu itu blom kerja, dan kontong mahasiswa pastinya berat klo cuma sekedar vakum cleaner, al hasil, make kuas cat dengan harga sepersepuluhnya.. thx 4 appreciation..😉

  2. March 4, 2011 at 9:05 am

    Wahhhh….lengkap, bukan hanya layar saja sampai pada bagian lain-lain, naahh dengan begini akan menambah referensi saya, lain kali janjian lagi ya biar postingannya rada-rada mirip gitu😛

    • March 9, 2011 at 3:13 am

      hahaha. blog duet dong mas?..

  3. March 4, 2011 at 3:50 pm

    lai kali jajian ma kita juga ya bang heheheh…

    • March 9, 2011 at 3:21 am

      hehehe…boleh juga usulnya tuh mas bro. sapa tau blog saya bisa numpang tenar. 😀

  4. mirwan jord
    March 9, 2011 at 1:26 pm

    gmn klo lcd nya ke siram sama air kopi..
    bekas percikannya warna kopi nya coklat kemudaan di dalam lcd..

    • March 10, 2011 at 1:19 am

      Di dalam atau di permukaan mas? Untuk noda kopi terus terang saya belum pernah mengalami/menemukan, namun mas Mirwan bisa mencoba dengan cara yang lazim digunakan pada gelas dengan menaburi sedikit soda kue dan membersihkan dengan kain lembab, atau bisa juga dengan kain lembab yang diberi detergen, namun tetap dilakukan dengan hati2 dan lembut dan posisi layar disandarkan pada lantai, dan bodi di sandarkan pada dinding. agar cairan tidak merembes kesisi layar.,.terima kasih atas komentar-nya, semoga membantu.😉

      • March 10, 2011 at 6:33 am

        Terima kasih atas sharingnya, lagi-lagi dapat masukan😀

  5. March 10, 2011 at 5:23 pm

    @Mas Astra, yup, sekedar berbagi dari pada disimpan sendiri..hehehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: