Home > computer > Kesalahan-kesalahan dalam merakit PC (oleh pemula)

Kesalahan-kesalahan dalam merakit PC (oleh pemula)

Merakit PC merupakan sesuatu yang bukan hal sulit lagi, karena selain akses informasi yang  mudah, komponen standar PC sekarang cenderung mudah untuk dipahami dan sangat intuitif, begitu pula dengan petunjuk-petunjuk yang sangat lengkap. namun hal tersebut tidak menjamin proses perakitan tidak luput dari kesalahan, baik yang sengaja diabaikan  maupun yang tidak disengaja.

Sudah hampir satu tahun saya merakit PC, dan sering sekali menemui beberapa kesalahan yang dilakukan oleh rekan-rekan saya sesama teknisi, dan juga beberapa kesalahan perakitan yang saya temui pada pc rakitan yang saya perbaiki. beberapa diantaranya dapat bekaribat fatal dan berpotensi mengakibatkan kerusakan permanen.

berikut beberapa kesalahan yang sering saya temui berdasarkan pengalaman :

1. Cable management : Cable management atau dalam istilah “santai”-nya kerapihan kabel masih terkadang luput dari perhatian, sudah sering kali saya menemui kasus dimana kabel power CPU / CPU fan menjutai bebas di atas fan Processor, hal ini dapat menyebabkan kabel power tersangkut pada fan apabila keduanya bersentuhan, dan apabila fan tidak berjalan, cukup 30 menit, sistem akan berhenti karena prosesor berhenti bekerja akibat overheat. cable management selain memiliki fungsi estetika (kerapihan interior PC) juga  membantu melancarkan aliran udara. lalu, bagaimana  menata kabel yang baik?, satukan kabel antara satu dengan yang lain, bisa dengan kawat , cable ties, atau dengan selotip, tidak perlu harus sembunyi dibelakang mainboard, asal juntaian kabel jauh dari parts yang bergerak dan tidak  bersliweran. selain itu, apabila beberapa kabel terangkai secara bersamaan namun terpisah (kabel power fan processor) , agar terlihat rapi, dapat diakali dengan memutar (plintir) kabel tersebut agar terikat satu sama lain.

2. Thermal Paste : thermal paste/ thermal compound menurut aturan hanya dapat digunakan sekali, dan apabila terlanjur membongkar, maka sisa thermal paste yang menempel harus dibersihkan dan diganti dengan yang baru, saya pernah menemukan PC yang mengalami masalah overheat, awalnya sang empunya mengeluh tentang komputernya yang begitu lambat, setelah di chek, pada bios, suhu processor menunjukkan angka 80 derajat celcius (cukup untuk menggoreng telur) , padahal fan processor masih bekerja, setelah di chek, bagian bawah heatsink sudah kering dan berongga, sang pemilik mengaku pernah membongkar untuk membersihkan debu pada heatsink, namun sayangnya tidak dibersihkan dan diberi thermal paste baru. panas yang berlebih dalam waktu lama merupakan penyebab utama kerusakan permanen pada processor. (tambahan dari agan aero19) jangan lupa gunakan thermal compound yang baik, penggunaan thermal compound seperti pasta gigi kurang direkomendasikan karena konduktivitasnya kurang baik, namun apabila dalam kondisi darurat (kiriman ortu belum datang :D/atau sedang berada di pedalaman) penggunaan pasta gigi masih bisa dilakukan, saya sendiri pernah menggunakan pasta gigi dan tidak ada masalah hingga 4 tahun pemakaian,,… pengaplikasian nya juga tidak perlu tebal, menurut petunjuk vendor, cukup sebesar biji jagung.. oleskan ditengah, dan tekan.

Sisa thermal paste, harus segera diganti

3. Processor fan mounting: isu renggangnya kipas peranah saya temukan pada board berbasis LGA 775, bagi yang kurang memahami cara pemasangannya, memang agak sedikit ribet dibandingkan socket am2/am2+/am3, menurut buku petunjuk cara yang benar yaitu dengan menekan kedua pin yang saling berhadapan (diagonal) secara bersamaan dan kedua pin lainnya sesudahnya juga secara bersamaan. namun kadang si pemasang lupa memperhatikan arah panah pada pin sebelum menancapkan, akibatnya pin tersebut terlepas secara tidak sengaja ketika komputer telah selesai dirakit.

posisi pin/kaki fan yang benar sebelum di kencangkan.

4. Static electricity (listrik statis) : listrik statis merupakan listrik yang tidak bergerak (ya iyalah), listrik statis dapat termuat didalam tubuh, listrik statis bila terkonduksi ke perangkat PC yang sensitif terhadap ektrostatis, kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan permanen . Hal ini sudah merupakan pengetahuan umum, namun kadang ada saja yang menyepelekan. bila tidak beresiko, untuk apa para pembuat perangkat komputer membungkus produknya dengan antistatic bag??

anti-static bag

agar tubuh terbebas dari listrik statis, sebelum merakit kita dapat menggunakan anti static wrist (gelang anti listrik statis) namun barang ini merupakan salah satu barang wajib yang sepertinya sulit ditemukan, namun listrik statis tetap bisa dihilangkan dari tubuh dengan metode sederhana, yakni dengan menyentuh segala sesuatu yang terbuat dari logam  (Misalnya case PC) dan beberapa cara lain yang bisa kita simak disini (klik)

antistatic wrist

selain tubuh, barang-barang disekitar kita juga dapat termuat listrik statis, oleh karena itu, ada baiknya pada saat meletakkan komponen PC (misal VGA/memory/mainboard), letakkanlah pada benda-benda yang sekiranya aman (meja kayu, kardus mainboard) dan hindari meletakkan diatas barang2 yang dapat memuat listrik statis (karpet bulu/wol/plastik). kasus kerusakan akibat listrik statis sifatnya probabilitas dan kemungkinan terjadinya sangat kecil, namun akan mengakibatkan kerusakan yg fatal apabila terjadi, oleh sebab itu, tindakan yang tepat adalah dengan menghindarinya.

5. HDD mounting (dudukan hardisk) : Isu ini mungkin tidak lagi terdengar, namun pada jaman kabel IDE masih populer, seringkali saya menemukan hdd yang dipaksakan tergantung pada 51/4 inch bay (tempat untuk DVD/CD-rom) karena alasan agar rapat dengan CD rom, sehingga bisa hanya menggunakan 1 kabel IDE, hal ini merupakan salah besar, karena pada dasarnya, mounting/ pemasangan dudukan setiap periferal harus rapat dalam case demi menghindari goyangan/getaran yang dapat mengganggu, terutama pada HDD.

6. Front panel connector : Beberapa orang terkadang lupa memperhatikan susunan pada front panel connector karena terburu-buru dalam merakit, akibatnya, beberapa indikator kadang tidak berfungsi, seperti led HDD activity/ power (on) led. meskipun simple dan sangat mudah di hafal, kenyataannya beberapa penguna mengalami kebingungan ketika hendak memasangnya kembali setelah membongkar motherboard mereka. berikut skema dasar. (updated): beberapa motherboard tertentu menggunakan susunan berbeda dari standar yang biasa digunakan(seperti pada gambar dibawah) ,dan harus membaca buku manual yang disertakan oleh motherboard.

skema dasar pada Front panel connector

7. System/bios speaker :lupa dalam memasang system speaker memang tidak terlalu berdampak besar, namun pada dasarnya system speaker merupakan petunjuk awal manakala komputer mengalami trouble. bagi mereka yang mengerti, system speaker ini membantu dalam proses debugging, agar dapat segera mengetahui sumber kerusakan/error dan segera menanggulanginya. pada motherboard baru, terutama kelas high end, keberadaan system speaker mulai tergeser dengan pengaplikasian 7 phase/debug led display yang lebih mudah dimengerti/diartikan.

System speaker & debug led

8. Finishing : dalam merakit PC ada kalanya terjadi kesalahan, oleh sebab itu ada baiknya tidak langsung menutup rapat case sebelum yakin sistem berjalan dengan benar (menyala) agartidak bekerja dua kali (bongkar pasang), dan apabila ada yang salah bisa langsung diperbaiki (misalnya ada kabel yang lupa tepasang), hal ini semata demi efisiensi waktu dan tenaga.

Masih terdapat beberapa kesalahan-kesalahan lainnya, namun hal-hal tersebut diatas merupakan isu2 yang sering saya temukan dan yang paling sering terjadi diantara kesalahan-kesalahan lain yang terjadi dalam proses merakit PC.

Bila anda lebih tahu dan ingin menambahkan, silahkan masukkan di comment section dibawah, demi pengetahuan kita bersama (saaadaaaap) :D

  1. January 27, 2011 at 12:53 pm | #1

    1.Yang tidak kalah penting mas alav, penambahan pemasangan fan, pada casing kelas murahan biasanya tidak dilengkapi dengan fan tambahan, padahal ini penting sekali bagi sirkulasi udara, biasanya kalau menemui ini saya akan memberikan pengertian kepada pemiliknya untuk menambah fan, baik fan sebagai udara masuk dan fan sebagai udara keluar, dengan tujuan agar komponen berumur panjang.
    2.Thermal paste yang dipergunakan kadang-kadang asal saja, bahkan terkadang saya pernah melihat sendiri seorang teman teknisi mengganti thermal paste dengan solar, sah-sah saja kalau sementara, namun tentu tidak akan bertahan lama.
    3. Menggabungkan kabel ide antara CD Rom dengan Harddisk, ini terkesan ngirit sekali alangkah lebih baiknya kalau disendirikan, mengingat murahnya kabel IDE.

    Demikian mas alav sekedar menambahkan ! just keep sharing, info anda bermanfaat.

  2. January 28, 2011 at 2:58 am | #2

    poin No 1, memang bener banget, komputer inventaris kami pernah mengalami overheat, setelah dichek, penempatan CPU memang sangat mepet (dicelah meja), akibatnya suhu processor mencapai 70 derajat, dan hawa panas benar2 terasa, setelah menambahkan kipas eksos, sistem berjalan normal kembali. poin no 2, iya mas, pernah juga saya mendengar tentang alternatif menggunakan pasta gigi, namun sang sumber tidak menambahkan keterangan kalau hal tersebut sifatnya emergency, akhirnya banyak yang mempraktekkannya untuk penggunaan jangka panjang, padahal jelas-jelas tingkat konduktivitasnya rendah.. poin no 3, sekarang sudah jarang mas, karena penggunaan kabel sata yang tidak bisa diparalel, dulu saya pernah temukan HDD samsung yang macet, setelah mounting diperbaiki, HDD bekerja normal kembali.
    Makasih atas masukannya mas, really appreciate that!! :)

  3. March 16, 2011 at 4:51 am | #3

    info dalam merakit PC yang benar sangat bermanfaat.. kesalahan2 yang dijelaskan berdasarkan pengalaman bisa menjadi pelajaran agar bisa lebih berhati-hati lagi.. sukses selalu

  4. ebo
    April 6, 2011 at 6:44 am | #5

    saya cuman izin copas. makasih

  5. ana
    August 14, 2011 at 6:11 am | #7

    saya copas ya postingannya….. hehe :) mkasih.

  6. September 3, 2011 at 9:39 am | #9

    maksi gan… tapi saya kadang bingung dalam pemasangan kabel panel konektor untuk power dan reset. Tempatnya saya bingung

    • September 9, 2011 at 2:54 pm | #10

      yang saya cantumkan diatas merupakan standar susunan konektor yang banyak di gunakan oleh vendor mobo, namun ada juga yang memiliki susunan yang sedikit berbeda, untuk itu, membuka buku manual sangat disarankan. sebenarnya untuk mengatasi masalah ini,, beberapa vendor menciptakan semacam adaptor yang menyatukan semua konektor yang terpisah, di Asus namanya Q-connector, silahkan googling mengenai fungsinya, terima kasih atas kunjungannya :)

  7. wawan
    December 1, 2011 at 1:37 am | #11

    thxs mas infonya…klu misal casing dibuka selalu ap itu jg berpengaruh pada system hardwere?

    • December 21, 2011 at 7:17 pm | #12

      sory baru dibalas. secara tidak langsung, iya,, karena kotoran yang masuk kedalam juga berpotensi merusak meski kemungkinannya kecil. :) thnks sudah berkunjung. :)

  8. anzar
    December 3, 2011 at 2:54 pm | #13

    Numpang nambah gan, pada casing murahan ada soket audio dan USB yang biasanya cepet longgar dan malfunction, saran ane daripada ganti casing lebih baik pasang cardreader internal kan ada USBnya juga. Buat speaker atw mic lewat belakang aja. Khusus yang pake prosesor LGA tray atw Refurbish yang dipaket ama fan murahan…hati-hati masang keempat pinnya karena mudah patah pada ujungnya yang bikin fan kendor. Saran ane pasang prosesor ama fan serapih mungkin sebelum mainboar dipasang ke casing. Itu aja…

    • December 21, 2011 at 7:15 pm | #14

      Thanks atas masukannya. :) socket I/O bawaan casing murah memang rentan masalah,, selain kurang presisi,, biasanya juga rawan short, dan kadang malfungsi.

  9. ady_nuno@yahoo.com
    March 16, 2012 at 2:05 pm | #15

    info ini bagus sekali,pengetahuan saya makin bertambah untuk perawatan pc” usaha warnet saya soal nya..klo ada masalah pada cpu client atw server,saya gak pernah memanggil teknisi..saya perbaiki sendiri…

    • April 17, 2012 at 4:26 am | #16

      Sip, memang seharusnya kita sebagai pemilik setidaknya memiliki pengetahuan agar dapat ditanggulangi secara cepat, dan sekaligus meminimalisir cost operasional warnet. terimakasih sudah mampir ;)

  10. edmond
    May 25, 2012 at 5:31 am | #17

    kalau ada yg bisa nambahin sekiranya gambar sirkulasi fan yang benar untuk sebuah pc.. saya kadang bingung mau pasang fan harus ke arah mana… thanksss

    • June 6, 2013 at 5:19 am | #18

      setahun baru dibalas… hehe,, mudahan sempat terbaca…. intinya harus ada inlet dan outlet dibagian luar PC

  11. aero19
    July 29, 2012 at 9:53 am | #19

    nice banget deh gan! kalo boleh di tambahin
    1. pemberian termal grase/pasta juga jangan terlalu tebal, yang ada bukannya jadi konduktor yang baik, tapi malah menjauhkan permukaan procie dengan Heatsink yang ujungnya panas, dan juga jangan terlalu banyak, coz pasta ini kan punya konduktifitas, bisa2 nyasar ke komponan lain dan bikin korslet

    2. darurat ato gak, penggunaan termal pasta yang katanya alternatif spt solar, pasta gigi, ane pribadi gak rekomendasi banget, jangka panjang ato pendek, coz fungsi utamanya sbg konduktor (krn termal pasta memiliki konduktifitas yang cukup baik) dan menutup celah antara procie dengan heatsink agar transfer panas baik.

    naah kalo di ganti ama solar, pasta gigi, minyak goreng kan gak banget, yang ada malah menghambat ato meluber kemana2

    3.management cable setuju banget deh, ijin sedot tulisannya masbrogan!

  12. Ardhi M
    August 5, 2012 at 1:27 pm | #21

    Apakah krusakan pada front panel conector bisa menyebabkan cpu tdk menampilkan apa2 pda monitor alias blank total?

    d tunggu jwabannya,, mksih… :)

    • December 10, 2012 at 8:25 pm | #22

      4 bulan baru dibalas,, maaf banget agan, jarang buka blog.. sejauh ini saya belum pernah menemui kejadian seperti itu, tapi tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi,, saya kurang bisa menjelaskan karena memang sejujurnya saya tidak memiliki background di bidang elektronika..

  13. De arisandi
    September 14, 2012 at 2:15 am | #23

    Ijin copas mas bro
    sumber pasti dicantumkan
    terimakasih sangat membantu…

  14. enza
    October 8, 2012 at 2:23 am | #25

    info ini sangat berguna bagi saya karena sering salah cara pemasangan2 pc

    thanks

  15. December 16, 2012 at 11:55 am | #27

    alhamdulillah saya nemu artikel ini. Kebetulan saya lagi ada masalah yg kmungkinan krn overheat di netbuk saya. Layar tiba2 blank atau kadang2 netbuk mati sendiri. Saya inget, pernah bongkar fan procie dan gak mengganti pastanya malah dilap.

    Terima kasih atas posting ini, saya mau coba tambahkan pasta. Dan mudah-mudahan normal lagi. Salam.

  16. November 1, 2013 at 3:02 pm | #28

    kenapa yah setelah thermal paste komputer saya di ganti, komputerku jadi lag, apalagi main game, padahal sebelum diganti normal2 aja??

    • January 8, 2014 at 6:20 pm | #29

      Coba di cek lagi mas bro apakah pemasangannya udah rapat apa belum, karena saya menggunakan thermal paste murahan,, bisa tahan pada VGA dengan temperatur cukup ekstrim.. :)

  17. Gabriel
    December 19, 2013 at 6:58 am | #30

    mas kalo saya maau nanya, kalo penutup cassing komputer dibuka atau tidak dipasang apakah bisa berpengaruh dengan komp saya.
    Soalnya kemaren bahkan kadang saat ini, komputer saya sering mati, mati dalam artian CPUnya tetap ,menyala tapi tampilan pada monitor mati.
    Pada saat main game tiba-tiba tampilan mati trus suara dari game hilang kadang kaya lengket gitu gamenya.
    Mohon pencerahannya MAs.. and thank’s.

    • January 8, 2014 at 6:18 pm | #31

      Bisa jadi,, partikel debu bisa saja menyebabkan short pada sirkuit bila mengandung material yg bersifat konduktor, meski jarang terjadi, untuk itu membersihkan komponen tidak ada salahnya,, bila perlu, gunakan Casing dengan airflow yang baik dan dengan tambahan filter udara.

  18. rahadi
    January 14, 2014 at 5:40 pm | #32

    Gan, Blog nya Baguss bangeett..
    sangat bermanfaat,.

    saya mohon izin Copas Postingannya ya Gan,,,

    thank’s, Sukses selalu :)

    • January 14, 2014 at 7:02 pm | #33

      thanks gan, silahkan,, jangan lupa cantumkan sumbernya ;)

  19. Gabriel
    January 23, 2014 at 4:04 pm | #34

    Mas Mau naya lagi, kenapa ya kompi saya CPU masih menyala tapi tampilan dimonitornya nggak ada… ?
    Kadang ada tampilan, tapi pas di tengah2 hilang kaya blank alias tampilan mati.

  20. andri
    October 22, 2013 at 6:33 pm | #35

    aku baru beli komputer secon :( maklum mas g ada duit aku, knp y waktu aku idupin kok os nya g tampil yg tampil cuma nama motherboard nya aja enpc dan juga keyboarku g bisa di jalankan padahal pertama di hidupkan lampu keyboad idup tp setelah beberapa lama mati g idup g bisa ngetik apa pun, mohon bantuan nya y mas??

  21. January 8, 2014 at 6:21 pm | #36

    Problem bisa bermacam2…. kalau bisa dicantumkan pesan dari system biar gampang dianalisa.. :)

  1. February 27, 2011 at 2:40 am | #1
  2. April 6, 2011 at 6:44 am | #2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: