Home > computer > Misteri komputer restart pada saat idle

Misteri komputer restart pada saat idle

Dua minggu sudah sejak saya menginstall windows 7 ultimate 64 bit “pak tani edition”,peningkatan  kinerja memang lumayan dan sangat signifikan dalam bermain game, dimana dalam game resident evil 5, peningkatan nilai FPS hingga 2Kali lipat dari versi 32Bit (bottle neck tingkat dewa) . Sebagai catatan, komputer ini merupakan komputer “torrent” tentu saja selalu menyala 24 jam untuk download dan seeding. anehnya setiap saya terbangun untuk mengechek progress, program yang sudah saya matikan, aktif kembali, program tersebut memang sengaja saya jalankan pada saat start up.

Kecurigaan memang mulai timbul pada gejala restart , kalau sudah begitu, pikiran pertama mengarah ke power supply (maklum powersupply yang saya gunakan cuma 400W, tapi corsair punya lho) PSU ini secara hitung2an masih sangat layak ,tapi kenyataannya tetap saja terjadi restart. namun anehnya, haltersebut tidak terjadi pada saat PC saya gunakan, sekalipun digeber dengan load maksimum.

Pada saat sekitar tengah malam (ketika hendak cucian),  akhirnya saya mendapati komputer mengalami blue screen dan restart (O.M.G lagi2 BSOD), kalau sudah bsod, ehem, kecurigaan mengarah pada driver dan bukan lagi pada POWER.  sekedar info BSOD itu sebenarnya sangat penting untuk melindungi komputer kita dari kerusakan, jadi jangan menghina BSOD ya teman2😀, setiap terjadi blue screen, sistem akan meninggalkan pesan mengenai detil error, namun setiap kali di akses melalui path yang diberikan, muncul tulisan2 yang membingungkan dalam format XML (kalau tidak salah)

Dari pada repot, gunakan saja BlueScreenView, teman2 bisa googling untuk mendownloadnya. nah inilah hasilnya setelah saya menganalisa pada PC saya :

BlueScreenView pada komputer saya

Pada red highlight terlihat komponen driver ati (OOOOO ATI toh!!) ya, saya menggunakan VGA ati5770, tak lama, langsung saya mendownload driver terbaru,  dan hasilnya : no restarting problem anymore.. dari kejadian diatas, dapat ditarik kesimpulan, driver bawaan yang saya install masih terdapat bug pada versi 64bit-nya. UPDATE driver itu sangat perlu, sekalipun teman2 kurang paham akan efeknya, tapi percayalah, driver BAWAAN itu masih kurang maksimal dan mengandung BUG, yang sewaktu-waktu mengganggu tanpa kita sadari. sekian dari saya, Jangan baca doang ya, comment dong biar ane semangat *ngemis*.

  1. January 24, 2011 at 6:26 pm

    Cara cerdas mencoba googling mencari aplikasi pembaca BSOD, bisa saya tiru mas, wahhh leganya apabila sudah ketemu caranya, BTW kapan ya bisa beli 5770-nya berhubung saya masih memakai ATI 2600:mrgreen: thanks sudah sharing hal yang bermanfaat.

    • January 25, 2011 at 3:15 pm

      Kebetulan program tsb sudah ada dalam paket HIren boot tools, jadi tinggal pake aja… nanaggung mas ambil 5770, mending sekalian seri 6850, dari beberapa percobaan dibanding 5770, seri 6850 unggul pada resolusi tinggi dan tetap smooth meski Vertical sync di on-kan.. makasih udah mampir..:D

      • January 25, 2011 at 5:09 pm

        Sebenarnya mau saya upgrade mas alav, namun processor saya masih memakai intel dual core speed 2.0, kalau nanti memakai 6850 kemampuan prossesor tidak bisa mengimbangi, malah bisa-bisa bottle neck, tanggung ceritanya begitu😀

      • January 27, 2011 at 12:31 pm

        hiren boot cd yang dipergunakan versi berapa mas alav, untuk melihat blue screen view, apa mas alav mempergunakan mini windows yang ada pada hiren ?

  2. January 25, 2011 at 8:25 pm

    wow, mending beli baru itu..heehe, komen mas jadi inspirasi nih buat postingan baru,😉

    • January 28, 2011 at 3:03 am

      kalau tidak salah yang saya gunakan versi 10.1 (2009) , saya pernah mencoba versi terbaru (ver 11.1), tetapi ada beberapa tools yang hilang, entah itu official atau yang sudah dicustomize ,. saya melihat BS lewat windowsnya langsung mas, kalau mini windows saya belum mencoba.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

