Home > computer > 8200 HOT banget!!

8200 HOT banget!!

Panas merupakan isu yang cukup mengganggu pada motherboard berbasis chipset GeForce 8200, hal ini disebabkan karena penggunaan single chipset, dimana GPU menjadi bagian dari chipset itu sendiri. Panas berlebih utamanya merupakan penyebab menurunnya performa (downclock otomatis pada beberapa chip bila mencapa suhu maksimum) serta pendeknya umur komponen didalam komputer, hal ini dapat disiasati dengan menambahkan fan pada heatsink chipset.

Komponen kipas dapat kita peroleh di toko komputer, harga berkisar 15 ribu, atau bila tidak menemukan Fan ukuran 8mm, bisa juga didapat dari cooling pad laptop yang sudah tidak terpakai (kebetulan saya punya yang sudah patah akibat terinjak)

banyak cara untuk menempelkan kipas diatas heatsink, namun bila dirasa cukup ribet, kita bisa menggunakan cara praktis dengan menggunakan Hotglue (lem tembak), kemudian, untuk sumber daya, kedua kabel fan dihubungkan ke 5 Volt Rail (perhatikan voltase pada kipas, bila ratingnya 12 volt, maka sambungkan kabel positif ke 12Volt rail),  apabila anda bingung dengan kabel, berikut gambarannya :

Skema voltase pada Molex connector

lebih baik lagi bila anda menambahkan female molex connector pada ujung kabel kipas, sehingga lebih mudah di bongkar pasang. setelah terpasang pada chipset hasilnya akan jadi seperti ini :

Sebagai catatan,tipikal idle temp chipset GF8200(MCP78S) sekitar 50° , dan load temp dapat mencapai hingga 73° C (tanpa kipas; passive cooling) , setelah menambahkan kipas, langsung saya tes menggunakan Furmark (Extreme burning mode) , dan hasilnya load temp stabil di suhu 52° C (idle 45° C ).

cukup signifikan bukan? Sekarang giliran anda mencoba pada sesuatu yang hot (bahasa merketing) hehehe😀

Categories: computer Tags: , , , ,
  1. January 24, 2011 at 6:33 pm

    Apa tidak lebih baik apabila lem tembaknya diganti dengan thermal paste mas alav? seperti pada thermal paste pada processor, karena baik untuk menghantarkan panas !

    • January 25, 2011 at 3:27 pm

      lem tembak digunakan untuk menempelkan kipas dengan heatsink, heatsink tidak di utak atik, hanya sekedar menambahkan kipas pada heatsink, thermal pastenya tetap dibawah heatsink. kebetulan beberapa hari saya googling memang banyak yang mengeluhkan panas berlebih pada chip 8200 karena grafik yang tertanam pada single chipset tsb.🙂

  2. January 25, 2011 at 5:13 pm

    Ok, jadi jelas kalau begitu, saya memang menyukai hal-hal yang bersifat teknis, apalagi sudah Anda praktekkan,trims atas infonya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: