Home > computer > Install Windows XP dengan keyboard Rusak (Wtf?!!)

Install Windows XP dengan keyboard Rusak (Wtf?!!)

Install Windows XP?? anak Kecil juga bisa. tapi ada kalanya kita menemui kesulitan dalam kondisi tertentu, salah satunya saat beberapa karakter pada keyboard tidak dapat berfungsi, hal ini tentu sangat menyulitkan ketika akan menginput Serial number pada proses instalasi.
Mengganti dengan keyboard usb (pada laptop) atau keyboard baru (pada PC) mungkin salah satu trik yang singkat dan paling praktis, tetapi dalam hal ini, kondisi yang dihadapi yakni ketika tidak ada pengganti/spare untuk keyboard yang rusak, so??
triknya sangat mudah dan simple :
1. Pada saat akan menginput SN (tampilan GUI), tekan Shift+F10
2. Akan muncul jendela Command Prompt
3. Ketik osk.exe (On Screen Keyboard)
4. Nah, saatnya menginputkan SN, tidak perlu dijelaskan, anda pasti sudah bisa menggunakan program ini, ya, dengan mengklik pada karakter pada tampilan OSK.

melalui CMD tadi kita juga dapat mempercepat proses instalasi dengan masuk ke task manager dengan mengetikkan taskmgr.exe pada command promt, keudian masuk ke tab processes pada task manager, klik kanan pada setup.exe dan set priority ke high, (yang ini udah basi) tapi tidak ada salahnya merefresh lagi bagi yang belum tahu.

Postingan mendatang akan saya bahas mengenai instalasi windows XP pada laptop berchipset HM57 (beda lho sama HM55) misal: HP DV3500, so, stay tune, don’t go anywhere (ngomong ma angin, maklum Blogger pemula)

Sekian dan terima kasih. prikitiwww….

Categories: computer Tags:
  1. January 22, 2011 at 2:49 am

    Nice info, saya jadi tahu shortcut via shift+f10, selama ini umumnya kita mengenali F10 pada saat dimenu bios adalah untuk menyimpan settingan kita, ilmu pengetahuan bagi saya tidak ada yang basi mas, kalau perlu kita menjelaskannya dengan detail, karena jauh lebih banyak yang belum memahami hal ini. regard !

    • January 22, 2011 at 3:28 pm

      Thanks for appreciation, banyak yang belum menyadari kalau program-program dasar pada windows sebenarnya sudah bisa di akses pada tampilan GUI (instalasi), dan shift+f10 merupakan shorcut untuk mengaksesnya. mengenai detail, mungkin masih perlu banyak belajar nih, maklum, buat link aja blom bisa..hehehe. thanks for the comment.🙂

  2. Baegh
    March 29, 2011 at 8:15 am

    tidak bisa mengetik osk.exe, dikarenakan keyboard laptop sy error.
    Gmna solusinya?
    thank’s…..

    • April 1, 2011 at 1:04 pm

      masalah diatas sifatnya “just in case” mas, (nulisnya juga maksa, buat ngisi blog hehehehe), jadi dalam case dimana beberapa karakter (selain o,s,k,x,.,dan E) tidak berfungsi, pada laptop mau tidak mau harus menggunakan keyboard USB eksternal,namun sebaiknya keyboard segera diperbaiki di service station terdekat. thanks..🙂

  3. Iwan
    October 25, 2012 at 3:16 am

    Mas kalo dideretan angkanya ga muncul gimana?

    • December 10, 2012 at 8:13 pm

      deretan function button ya mksudnya? artikel ini sebenarnya cuma iseng2 aja hehehe,…. saya tulis dengan asumsi tombol shift dan f10 merupakan tombol yang lebih jarang dipakai dibanding karakter huruf🙂, jadi tentu saja dapat dilakukan dengan kondisi yang memungkinkan🙂, apabila keyboard bener2 rusak, bisa menggunakan keyboard usb, sejauh ini laptop keluaran 2007 keatas saya coba, bisa, bios dapat langsung mengenali usb keyboard.. yang kebawah belum pernah coba.. kalau rada ngasal mohon dimaafkan🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: