Home > computer, komputer, TechTips > Masalah Bluetooth tidak terdeteksi XP pada acer 4738 (solved)

Masalah Bluetooth tidak terdeteksi XP pada acer 4738 (solved)

ehm.. setelah lama tidak ngepost, kali ini saya akan “membeberkan” rahasia, yakni  troubleshooting pada pada acer 4738 mengenai bluetooth yang tidak terdeteksi oleh windows XP.

Indikator wireless device pada launch manager

Isu ini pertama kali saya alami ketika seorang customer complain tentang bluetooth yang tidak terdeteksi pada laptopnya yang ber-OS windows XP, pada saat saya chek, saya mencoba mengaktifkan bluetooth dengan menekan fn+f3 hasilnya hanya tampak indikator wifi (gambar A) dan saya tidak menemui indikator wifi + bluetooth (Gambar B), setelah itu saya cek dan tidak tampak “tanda2″ kehadiran unknown device dsb,   kemudian saya menjelaskan kepada customer kalau laptop tersebut tidak memiliki bluetooth (berdasarkan ciri yang tampak), namun si customer balik bertanya, “lho mas, itu di brosur ada bluetoothnya khan?”, kemudian saya chek pada bagian bawah fisik laptop, dan ternyata laptop tersebut memang telah terpasang bluetooth didalamnya (setiap wireless device pada laptop acer memiliki semacam stiker sertifikasi/registrasi yang terpasang dibawah body laptop).

Saya sempat bingung dan mencoba menghubungi pihak acer, dan mereka menjelaskan, agar dapat terdeteksi, sebaiknya gunakan OS windows 7, walaupun telah mendapatkan penjelasan secara “official” dari pihak acer tentang penggunaan Windows 7, namun firasat saya mengatakan bahwa device bluetooth yang tidak terdeteksi tersebut dapat berjalan di windows XP, karena memang dalam folder Driver, sudah disertakan driver untuk XP Vista dan Seven.

For Your Information, pada acer generasi baru berprocessor intel (core-i ; Pentium P series), terdapat 4 jenis modul dan bisa berbeda2 setiap laptop, sekalipun tipenya sama. modul bluetooth yang digunakan yaitu Broadcom 2.1, Broadcom 3.0, Atheros 2.1, dan Atheros 3.0. pada Laptop yang menggunakan Modul Broadcom, anda tidak akan menemukan isu bluetooth “siluman” ini, karena bluetooth device akan langsung terdeteksi ketika kita hendak mengaktifkannya via launch manager. isu bluetooth yang tidak terdeteksi ini hanya terjadi pada modul keluaran Atheros.

Nah, sekarang kita berada pada intinya. trik menginstal bluetooth atheros terletak pada urutan penginstalan. driver di install sebelum launch manager. bila launch manager telah terinstall dan indikator bluetooth tidak muncul pada shorcut fn+f3, uninstall terlebih dahulu, langkah selanjutnya :
1. Install Bluetooth atheros 3.0 pada folder driver bluetooth di CD drive (bluetooth Xp suite)
2. Setelah instalasi driver selesai, restart komputer
3. pada saat masuk windows, indikator bluetooth pada taskbar (dekat clock) masih abu2 (off), sekarang saatnya menekan fn
+f3 (launch manager belum terinstall)
4. setelah menekan shorcut, wifi dan bluetooth akan aktif bersamaan, akan muncul pesan bahwa sistem menemukan device baru,
inilah bluetooth yang tidak terdeteksi tadi, biarkan auto install berjalan hingga muncul pesan ” your device is installed
and ready to use”
5. Bluetooth telah terinstal dan indikator bluetooth pada taskbar menjadi biru(on), sekarang saatnya menginstall launch
manager.
6. setelah launch manager terinstall, biarkan bluetooth dalam posisi ON, restart komputer, setelahlogin, coba tekan Fn+F3, TADAAAA!!, indikator bluetooth pada launch manager telah muncul.

Penjelasan saya mungkin akan memberikan hasil yang berbeda. sebagai catatan tambahan, saya menggunakan XP sp2 yang telah di upgrade ke sp3, apabila penjelasan diatas tidak memberi hasil yang diharapkan, cobalah mengupgrade ke sp3 terlebih dahulu, kemudian coba lagi dimulai dari langkah no. 1. saya belum meneliti dan mengkaji isu ini dari segi teknis, namun saya berhasil mengatasi dengan melakukan langkah2 di atas, apabila ada yang teman2 ingin tanyakan, silahkan tinggalkan komen dibawah, saya akan dengan senang hati menjawab semampu saya.. akhir kata, TENGKYU SUDAH MAMPIR, COY… ;)

 

UPDATE :

Karena banyak yang masih bingung dengan cara di atas, saya tambahkan beberapa tips. Hal paling dasar, tentukan LAPTOP benar2 memiliki perangkat/modul bluetooth didalamnya, cara yang paling simpel, dengan melihat stiker bertuliskan “bluetooth”dibawah fisik laptop.

Stiker wireless device dibawah fisik laptop

bila bluetooth ada, ikuti langkah di atas, dengan menginstall launch manager terlebih dahulu, setelah itu baru drivernya.

masalah bluetooth tidak terdeteksi hanya terjadi pada modul atheros dan tidak pada broadcom, namun biar lebih yakin,, setelah menginstall launch manager, aktifkan bluetooth via fn+f3 (driver belum di install), setelah found new hardware cek identitas hardware dengan menggunakan software “unknown device” silahkan cari sendiri di internet. it’s free……….kalau sudah muncul.,,sesuaikan dengan driver yang akan di install. :)

  1. si dewa rata
    February 19, 2011 at 5:58 pm

    binun om,

    • February 20, 2011 at 2:41 am

      Wkwkwkw, gampang aja kok bro..apanya yang bingung? , btw klo bingung ya mbok esemes aja langsung.. :D

  2. February 19, 2011 at 7:03 pm

    Thanks buat infonya mas, kebetulan komputer yang saya pergunakan ada 2, satu desktop dan satu laptop advan soulmate, pada keyboard ada tombol bluetooth-nya, namun apabila saya tekan tombol kombinasi fn+bluetooth muncul tulisan no devicenya, saya konfirmasi ke cs via email, baru dapat jawaban seminggu kemudian dan menyampaikan bahwa untuk bluetooth memang tidak ada,:lol: kesimpulannya harus menambah sendiri bluetootnya, saya punya request kapan2 infokan tentang bluetooth buat laptop harga dan cara pemasangannya, berhubung laptopnya belum pernah saya bongkar, jadi belum ada gambaran sama sekali :D

  3. February 20, 2011 at 2:34 am

    Bluetooth internal sepertinya sangat jarang dipasaran mas, lagi pula kalaupun ada pasti harga modulnya ratusan ribu, jauh lebih worth membeli bluetooth eksternal mini, harganya cuma 35 ribu dan langsung detek tenapa driver tambahan.kalaupun rusak, beli aja lagi, cuma 35 ribu kok..hehehehe, barangnya seperti ini :

    http://www.partsforever.com/retail/catalog/images/609728989040.jpg

  4. March 2, 2011 at 3:15 pm

    mas, klw saya punya laptop Hp mini 210-1068TU, hmpir mirip kasus ama yg d ats, bluetooth nya g ke deteksi. Sejak saya instal ulang dgn win 7, mulai itu g bs lg kedeteksi, pdhl sblm nya wktu pertama belinya bs. sy sdh cb instal berbagai driver bluetooh hp tp ttp sj g bs.. mohon bagi slusinya mas.. mksh sebelumnya.

    • March 3, 2011 at 7:26 pm

      langkah pertama, Pastikan Win 7 yang diinstall adalah versi 32bit, karena HP hanya menyediakan driver W732bit dan XP pada support sitenya,download drivernya disini : http://bit.ly/fQOA8a ,apa bila Driver yang didownload dari situs HP tidak menyelesaikan masalah, cek apakah device terdeteksi pada computer management, Kalau tidak salah,pada HP mini 210, modul bluetooth terdeteksi sebagai “HP integrated module”, apabila tidak ada tanda2 kemunculan unknown device(HP integrated module) pada computer management, kemungkinan modul bluetooth mengalami kerusakan,namun mas Putra bisa melakukan trial and error dengan mem-flash ulang bios,…namun memflash bios sangat beresiko apabila gagal, pastikan baterai full, dan tersambung pada saat melakukan flash ulang bios. semoga membantu. :)

  5. heru
    March 5, 2011 at 2:22 am

    saya menggunakan win7,bluetooth sudah saya installl tapi masih tetep aja ga bisa nyala,mungkin ada solusi yang lain mohon dijelakan terimakasih sebelum nya

    • March 9, 2011 at 3:01 am

      seharusnya pada win7 langsung terdeteksi masbro.. driver bawaan apakah sudah sesuai dgn modul (Atheros/broadcom)? agar lebih pasti,coba install driver melalui autorun CD Driver karena program autorun pada cd driver Acer secara otomatis akan mencocokkan driver dengan hardware dan versi oS yang kita pakai. kalau masih tidak bisa, coba uninstall driver dan launch manager, kemundian,sebelum menginstall launch manager, install ulang terlebih dahulu driver bluetooth, bila sebelumnya mas Heru mengistall Driver atheros 2.1, cobalah install Driver Atheros 3.0 atau sebaliknya Bila yang di install sebelumnya versi 3.0 maka install versi 2.1, keduanya masing2 berada pada folder yang berbeda dalam CD driver. setelah driver terinstall, restart, kemudian tekan fn+f3, bila muncul pesan “installing new hardware” berarti bluetooth telah terdeteksi, dan selanjutnya install launch manager. semoga membantu..;)

  6. heru
    March 5, 2011 at 2:26 am

    saya menggunakan acer 4738,saya kesulitan menginstall bt pa nootbook ini,untuk os na saya menggunakan win7.driver untuk bt sudah saya install tetapi ketika saya tean tombol fn+f3 tidak ada pilihan menu sweep antara wifi dab bt.mohon bantuan na atas kasus saya ini terimakasih sebelumnya

    • May 30, 2011 at 5:44 pm

      maaf telat di reply,, mas heru silahkan instal dulu acer LAUNCH MANAGER.. thx. :)

  7. May 11, 2011 at 1:44 pm

    permisi mau nanya nih kenapa di acer 4738z ku ada bluetoohnya tapi cara ngehidupkanya bagaimana soalnya waktu aku tekan fn+f3 gak muncul apa apa,cuma lampunya aja yang nyala tapi gak ada respon

    • June 6, 2011 at 4:33 pm

      Silahkan ikuti langkah2 di atas. :)

  8. June 6, 2011 at 11:26 am

    mas,saya uda idupin.
    Tapi,pas mau dihubungkan ke blutoth hape mau ngirim ke lapt0p gak bisa.

    • June 6, 2011 at 4:33 pm

      OS yang digunakan apa mas? pada windows 7, device harus di “add” terlebih dahulu sebelum melakukan pertukaran file (pastikan settingan bluetooth visible pada menu “discovery” dalam menu bluetooth setting), caranya, aktifkan bluetooth, pada icon bluetooth di kanan bawah, klik kanan, add a device (bluetooth pada gadget harus sudah on), setelah menemukan, komputer akan melakukan proses parsing dan meng-generate sebuah PIN, masukkan pin tersebut pada HP/Gadget, setelah proses complete,maka transfer file bisa dilakukan., selamat mencoba mas risky.

  9. July 8, 2011 at 2:34 pm

    mas..kok device ku,,,gk bs di add…gmn cranya,,,bingung…oh,,y menu discovery dmn t,,,dlaptopku gk ada……settingan bluetooth dmn?,,,maf mas byk tya,,,

    • July 20, 2011 at 11:08 pm

      pastikan dulu laptop memang memiliki perangkat bluetooth didalamnya, caranya bisa dengan melihat spesifikasi pada box(dus) laptop, atau stiker postel pada bagian bawah fisik laptop.. :)

  10. alam
    July 17, 2011 at 1:21 am

    mohon bantuan mas, sy menggunakan acer 4738 windows XP SP3. sy sdh coba melakukan apa yg mas jelaskan seperti langkah-langkah di atas, no 1 ampe 3 sukses,namun dilangkah ke-4 tidak muncul pesan menemukan device baru.setelah cek di device manager,tdk trdpt bluetooth device.mohon bantuan…
    oya,sy mo coba yg broadcom 2.1 ato 3.0, dimana sy bs dapatkan…
    trims sblmx…

    • July 20, 2011 at 10:58 pm

      Sori saya baru nongol kembali,, hehehe,, udah di cek di bagian bawah fisik laptopnya mas?? biasanya terdapat stiker dari POSTEL berlogo bluetooth, jika tidak, mungkin Laptop mas versi Indonesia (acer resmi) yang memang tidak memiliki perangkat radio bluetooth, meskipun dalam CD driver terdapat driver untuk bluetooth, bukan berarti tersedia pada perangkat yang kita beli. modul bluetooth internal macam broadcom bawaan acer rasanya sulit untuk ditemui dipasaran, dan kebanyakan yang dijual adalah bluetooth dongle seharga 35 ribuan., bedanya, bluetooth dongle ini tidak disertakan software manager sehingga berkirim data hanya bisa secara manual, karena berbasis bluetooth generic. semoga membantu

  11. Theo
    August 24, 2011 at 12:34 pm

    Udah nemu maz.. makasih..

  12. November 5, 2011 at 5:58 pm

    masss saya mengikuti langkah2 yang di atas tapi sampai 1. Install Bluetooth atheros 3.0 pada folder driver bluetooth di CD drive (bluetooth Xp suite)
    2. Setelah instalasi driver selesai, restart komputer
    3. pada saat masuk windows, indikator bluetooth pada taskbar (dekat clock) masih abu2 (off), sekarang saatnya menekan fn
    +f3 (launch manager belum terinstall)
    4. setelah menekan shorcut, wifi dan bluetooth akan aktif bersamaan, akan muncul pesan bahwa sistem menemukan device baru,

    yang nomer 4 gak detek sama sekali….. padahal saya instal di windows 7 lancar2 aja mas bluetoothnya….. T___T help meee

    • November 7, 2011 at 2:10 am

      jangan sampe kebalik drivernya mas bro.. pastikan Driver yang di install adalah driver untuk OS yang dipakai misal mas bro pake versi Win7 64bit, maka gunakan driver untuk Win7 64bit. 1 lagi, untuk lebih pasti, jalankan program unknown device (bisa cari di google) untuk mendeteksi ID perangkat.

  13. December 7, 2011 at 7:54 am

    dah lama saya tunggu nih cara memakai bluetoth pada acer 4738

    awal mulanya sih bisa saya pake bluetothnya, karena saya kurang suka dengan windows 7 saya instal ulang kebetulan saya mau coba pake lagi bluetothnya gk bisa-bisa, pokoknya saya dah lakuin berbagai cara deh dah saya bawa service ke sana-sinilah,,,,,,

    tetap aja gak bisa sampai-sampai saya komplent ma tempat service nya. drivenya dah di instal (kata orang di tempat service) lalu saya bilang nih bluetothnya kok masih belum bisa di pake yah? lalu orang di tempat service berkata mungkin tuh laptop gk ada bluetothnya, saya jawab awal mulanya nih laptop bisa kok di pake bluetothnya tapi setelah saya instal ke windows xp gak bisa lagi, lalu dia bilang lagi pastinya nih laptop dah lama, ketika dia bilang kata-kata itu saya marah sekali pokoknya saya ngamuk dah di tempat service itu saya ambil balik laptop saya langsung cabut aja, gk sah di bayar,,,,, karena mereka gk bisa saya coba-coba aja sendiri sampai saya nemuin blog ini langsung saya ikutin deh instruksi yang ada disini, ternyata,,,,,,,,,,,

    jeng,,,,,, jeng,,,,,,
    bluetothnya bisa di pake kembali,,,,,,,,

    thanks banged buat yang punya blog ini

    • December 21, 2011 at 7:11 pm

      Hehe, akhirnya ada yg bisa praktekin, sama2 gan, thanks atas apresisasi-nya.. :)

  14. rizkii
    December 9, 2011 at 11:47 pm

    kok ga mau yaa gan ? ga ada biru bluetooth nya , ttp abu” ..

    • December 21, 2011 at 7:09 pm

      sorry baru balas, Cek fisik laptop bagian bawah, ada logo bluetooth gak mas bro? 4738 emang bikin bingung,, kalau ada, kemungkinan besar salah install driver, (terbalik antara atheros-broadcom)

      • yuda
        January 6, 2012 at 8:25 am

        tolong di bantu mas, laptop saya acer 4738.. pertama beli sudah terinstal windows 7 dan bluetooth ny sdh ada,,
        tapi saya dah biasa pake xp, jadi saya instal windows xp sp 3. tapi saya bingung waktu pas instal bluetooth ny, ko g mau nyala, apa saya slah instal driver, tolong saya mas laptop acer 4738 driver blutooth ny yg atheros atau broadcom, terima kasih mas.

      • January 17, 2012 at 7:39 pm

        sorry telat balasnya.. Coba uninstall driver2 bluetooth yang udah di install sama launch manager, trus ikuti langkah2 di post. :)

  15. dedey
    January 20, 2012 at 10:26 am

    bluetooth acer pake windows 7 juga ngak bisa terdeteksi, tulungin dunk solusinya,,

    • April 17, 2012 at 4:43 am

      Seharusnya pada windows 7 lebih mudah untuk menginstall modul bluetooth atheros, pastikan model laptop yang ams bro pakai terdapat bluetooth didalamnya, dengan melihat logo bluetooth pada bagian bawah laptop.. :)

  16. February 3, 2012 at 1:41 am

    gan…kalo punya gw malah kebalikannya…wirelessnya yang ga kedeteksi tapi bluetoothnya bisa.. kalo ditekan fn+F3 cuma ngaktifinbluetooth aja…
    Gimana solusinya??

    • April 17, 2012 at 4:39 am

      Maaf baru sempat balas., Coba buka computer management (start, klik kanan “my computer”/”computer” , klik manage, pilih device manager, chek apakah driver telah terinstall?? kalo belum,, biasa ada tanda seru berwarna kuning, kalau driver sudah terintall dengan benar tetapi wireless tidak aktif,, kemungkinan wireless adapter mengalami kerusakan.. hal ini jarang terjadi, tapi tidak menutup kemungkinan… :)

  17. Muhammad Adil
    February 22, 2012 at 8:24 am

    Mas saya punya Laptop HP 430. Pertama kali di install windows 7 Ultimate 32Bit, Bluetooth masih bisa di pake, pas di install ulang windows7-nya kok ga jlan, padahal drivernya udh di install. malah di device properties pada device manager ada tulisan “Windows has stopped this device because it has reported problems. (Code 43)” Mohon Bantuannya…

    • April 17, 2012 at 4:28 am

      Maaf baru sempat balas, pesan tersebut mengindikasikan berbagai macam kemungkinan, coba chek apakah versi driver sudah sesuai dengan OS, karena driver 32 bit tidak bisa dipakai untuk 64 bit, begitu juga sebaliknya. :)

  18. Ayu
    April 28, 2012 at 11:58 am

    ane punya lapie acer 4738g pertama beli wifi aktif setelah instal ulang wifi jadi ga terdetek ama windows malahan lampi indikator mati, tapi setelah batere di cabut lampu indikator jadi hidup tapi window error, kalo gitu gimana nanganninya..? bantuin ya mas

    • May 14, 2012 at 7:15 am

      Mungkin ada baiknya melakukan trial and error yang mudah dulu,, yaitu dengan menginstall ‘launch manager’ (disertakan pada CD driver),,dan menginstall drivernya,,, setelah selesai.. restart,, kemudian tekan fn+f3 dan klik “on” pada icon wireless untuk mengaktifkan. :)

  19. May 12, 2012 at 8:15 am

    saya juga bermasalah sama bluetooth saya mas, saya sudah install launch managernya sama driver bluetooth atherosnya,tapi pas saya pencet Fn+f3, hanya ada kayak gambar A aja, gak ada buat switch on/off bluetoothnya mohon penjelasannya

    • May 12, 2012 at 8:15 am

      saya make acer 4738z

    • May 14, 2012 at 7:12 am

      Coba ikuti langkah diatas, uninstall driver dan launch manager.,, kemudian reinstall launch manager (jangan install driver dulu),, pencet fn+f3,, ketika muncul baloon message, install driver. bila tetap tidak terdapat icon, chek bagian bawah fisik laptop, apakah laptop yang mas pakai benar2 versi yang dilengkapi dengan bluetooth, trims..

  20. Ajunk
    August 4, 2012 at 8:08 am

    Gan Ane launch managernya gx ad yaw…tlong kasi instalationnya donk….

  21. Ivan
    September 17, 2012 at 8:59 am

    Thank bos, postingan anda telah saya rasakan manfaatnya, semoga anda diberkahi oleh Tuhan YME..

  22. October 31, 2012 at 4:27 am

    mas mau tanyak klw pakai wind xp, saya buka filim taupun video setelah saya tutup video tersebut kok layar lcd saya bergaris2 mas, tapi klw di restart hilang lagi garis2 nya mas….
    tolong solusinya mas,………….

    • December 10, 2012 at 8:08 pm

      Laptopnya pake intel? coba install driver VGA intel terbaru :)

  23. Boby
    November 7, 2012 at 1:28 pm

    Kalo saya sebaliknya gan kalo pencet fn-f3 yang muncul malah bluetooth dan wifi ga ada. Gmn ea cara mengaktifkan wifi nya? indikatornya mati.

    • December 10, 2012 at 8:06 pm

      wow baru denger tanpa wifi.. :) , saya kebetulan udah setahun gak update info mas, karena sudah tidak bekerja lagi di dunia komputer hhehehe, coba aja install driver melalui autorun pada resource cd.

  24. iwan
    December 8, 2012 at 5:42 pm

    saya pake notebook asus 1215p, katanya ada bloutooth tp di bagian bawahnya gak ada sticker bluetooth, saya cari2 jg gak ada terinstall, sy pake windows 7, lalu saya beli bluetooth external yg plug and play, tp gak kebaca, tolong bantuannya saya sudah bingung..

    • December 10, 2012 at 8:04 pm

      Seharusnya bisa kedetek mas… coba bukan situs resmi asus atau gunakan software unknown device untuk memastikan ada atau tidaknya bluetooth pada laptop sampeyan :)

  25. computer software
    February 12, 2013 at 8:49 pm

    Someone necessarily lend a hand to make severely articles I’d state. That is the very first time I frequented your website page and so far? I surprised with the analysis you made to create this particular submit extraordinary. Great task!

    • March 12, 2013 at 12:14 pm

      Thanks for your concern, i really appreciate that. ;) sorry for bad English anyway.

  26. rodex yesterday
    March 12, 2013 at 1:59 pm

    mas saya pke asus a45v trus gk bisa nge ad device ada tulisan devic not found
    tolong dklo bisa di bantu mas trimakasih

    • March 13, 2013 at 4:42 am

      Saya belum pernah menggunakan asus a45v, tapi mungkin mas bisa coba dengan cara membuka opsi bluetooth pada perangkat, cari settingan “visibility” atau “discoverable”,, aktifkan menu tersebut,., beberapa perangkat secara default di non aktifkan, sehingga tidak terdeteksi oleh komputer. :)

  27. April 4, 2013 at 7:48 am

    boss..saya pake ASUS K43U..saya pake Bluetooth Usb Dongle kok gag keluar gambar USB nya yah alias gag ke detect..pdhal pas beli di coba sama toko nya bisa kedetect..

    • April 10, 2013 at 1:35 pm

      OS yang dipake apa mas? apakah disertakan driver? coba baca pentunjuk instalasi pada keemasan… :)

  28. May 21, 2013 at 4:56 am

    Misi gan
    Kok Notebook ane tiba-tiba kagak berfungsi Webcamnya trus hadwarex tidak terdeteksi di device manager padahal notebook ane terbilang masih baru kira 3 bulanan, tipe notebook saya acer aspiraone 756 + Bluetooth juga tidak terdeteksi , ane pake win 7 32 bit
    mohon Pencerahannya nie Bang…!!

    • June 6, 2013 at 5:09 am

      ada banyak kemungkinan,, dimulai dari yang sepele sampai yang berat, yang sepele biasanya kelonggaran kabel, hal tersebut bisa disiasati dengan mengencangkan socket2 internal pada bagian modul webcam, bisa juga kabel putus pada jalur konektor, dan kemungkinan yang “berat” adalah kerusakan modul webcam,, bisa dicoba sendiri, tetapi agak riskan patah pada mounting/ulir baut, dan kerusakan akibat elektrostatis. kebetulan saya belum pernah membuka bagian internal AO756, jadi agak sulit memperkirakan letak bagian yang bermasalah.. :)

  29. August 6, 2013 at 6:29 pm

    ass wr wb
    saya sudah isntal driver bt yang versi sama dengan internalnya, , ,
    permasalahannya ketika dihidupkan, dan mencari device bt hp, atau sebaliknya malah gk ketemu atau tidak terdeteksi, mohon jawabannya, , ,

    • August 9, 2013 at 11:36 am

      Coba mas chek ulang seperti penjelasan di atas,, pastikan laptop adalah seri yang dilengkapi module bluetooth,, karena tidak semua ada bluetooth dari pabriknya. :)

    • August 25, 2013 at 8:14 pm

      Coba cek di pengaturannya mas,,discoverrable atau hidden.

  30. cathy
    January 12, 2014 at 11:44 am

    mas,laptop sy sm sprti ini acer 4738G core i5 win XP, pd launch managerx sdh trlhat spt pd gmabr B dan iconx sdh brwrna biru tp kok ttp tdk terdeteksi bluetoothx??

    • January 13, 2014 at 3:04 pm

      apakah ada pop up found new harware pada saat pertama kali di on-kan? atau bisa masuk ke device manager, start->my computer (klik kanan, manage), lihat apakah ada unknown device (ikon tanda seru berwarna kuning). bila ada coba install driver atheros bt 3.0 (xp) dari driver bawaan laptop.. semoga membantu ;).

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

