Home > computer, TechTips > mouse game (gaming mouse), perlu kah?

mouse game (gaming mouse), perlu kah?

Beberapa saat yang lalu, saya sempat kesengsem untuk membeli satu gaming mouse. hampir satu bulan lamanya saya browsing dan melihat lihat di situs jual beli online dan menyimak  review-nya di forum-forum lokal. Pertama kali saya sangat terkejut melihat harga yang ditawarkan, yakni mulai dari 300 ribu (branded)  hingga jutaan. karena keinginan sudah sampai di ubun-ubun, akhirnya saya mendatangi salahsatu toko komputer di kota saya yang menyediakan periferal khusus gaming, bukannya mendapati yang murah meriah, justru yang tersedia tergolong elit untuk kantong pas2an seperti saya, setelah beberapa lama berdiskusi dengan pemilik toko, saya putuskan untuk tidak jadi membeli.

Sebulan kemudian, adik saya tiba2 mengirim pesan minta dibelikan mouse dan mouse pad-nya , harganya lumayan lah, sekitar 800 ribu. Karena dana telah di transfer, saya berpikir tidak ada salahnya, sekalian menjajal kemampuan yang di iklankan oleh vendor terkait. pertama kali yang saya rasakan, mouse tersebut benar-benar terasa “aneh”  dan sangat besar untuk ukuran tangan saya, oleh karena itu, pastikan untuk menjajal di tangan anda sebelum membeli.

Sekilas tentang mouse gaming, dalam iklan gaming mouse, sering kali kita menemukan istilah teknis semisal high DPI sensor dan Macro, braided cable dsb. dari semua aspek tersebut yang paling berpengaruh besar yakni fitur macro, dimana kita bisa memasukkan beberapa keystroke kedalam satu klik pada tombol yang kita ingin program.

Apa yang dimaksud keystroke?? key stroke merupakan langkah setiap kita menginput karakter, misalanya kita menekan tombol A satu kali, maka keystrokenya a↓-a↑ (panah bawah= tekan ,panah keatas=  release), jadi dalam satu kali menekan tombol ada dua keystroke.  maka susunan keystroke untuk kata gokil yaitu g↓- g↑-o↓-o↑-k↓-k↑-i↓- i↑-l↓- l↑ , pada beberapa macro editor, kita bahkan dapat mengatur jeda (delay) antar keystroke, misalnya kita ingin memberi ritme ter tentu (tenggang waktu yang berbeda-beda antar keystroke, maka kita dapat menginputkan jeda  waktu pada script macro, namun tidak semua macro editor pada mouse mendukung fitur ini,beberapa mouse kelas atas, untuk memasukkan jeda hanya bisa dilakukan melalui “macro recording” sehingga apabila ingin melakukan “fine-tuning” pada jeda waktu, kita hanya bisa melakukannya secara manual, tidak bisa dengan meng-adjust angka2 pada script, karena memang tidak disediakan fasilitas scripting.

 

Semua macro yang telah kita buat akan disimpan, ada dua metode penyimpanan macro, yang tersimpan pada hardrive, dan tersimpan pada onboard memory didalam mouse, dari kedua tipe tersebut,  jelas lebih bagus yang tersimpan pada mouse (onboard memory) karena macro yang telah kita buat, akan tetap aktif, sekalipun mouse tersebut dipakai pada komputer lain, namun tetap saja membutuhkan software macro editor apa bila ingin mengubah /remapping tombol pada mouse, mouse tipe ini cocok bagi yang suka bermain di komputer yang berbeda-beda dan juga bagi yang mengikuti kompetisi/turnamen. sementara tipe mouse yang macro-nya tersimpan di HDD (contoh razer death adder) macro tidak akan berjalan pada komputer lain, tipe ini lebih cocok utuk gamer yang biasa bermain dari komputer pribadi.

Ditinjau dari segi sensor,rata2 mouse gaming  memberikan DPI yang tinggi dari mouse normal(biasanya diatas 1200DPI, dan bisa di adjust (setel) sesuai kebutuhan, bagi yang belum tahu, DPI merupakan resolusi sensor, meningkatkan DPI pada kesan pertama akan seperti meningkatkan kecepatan kursor, namun kecepatan ini bukan didapat dari akselerasi, tetapi karena besarnya resolusi sensor, sehingga akan terasa sangat sensitif, lalu apa perbedaannya? akselerasi mouse memberikan gerakan yang terkesan “lompat-lompat” karena kecepatan pergerakannya didapat dengan men-skip pixel yang dilalui kursor, sedangkan DPI tinggi , meski bergerak cepat, kursor bergerak melewati setiap pixel. High DPI sangat berguna dalam game tipe strategi, dmana kecepatan sekaligus akurasi sangat dibutuhkan. dalam permainan FPS (counter strike, PB, unreal tournament),dari hasil uji coba saya, saya rasa anda tidak akan membutuhkan pixel lebih dari 2000Dpi, sehingga, bila anda membeli mouse dengan DPI sebesar 5600 hanya untuk bermain FPS, hal tersebut akan sia-sia.

Tipe mouse high end (diatas 800 ribu) hampir semua sudah menerapkan sensor laser, lalu apa keunggulannya? yang paling menonjol yakni kemampuan untuk bekerja dengan baik pada setiap permukaan, bahkan kaca sekalipun, namun secara garis besar anda tidak akan menemukan perbedaan berarti bila kedua tipe sensor digunakan diatas mouse pad yang baik (just opinion).

Lalu, perlukah membeli sebuah gaming mouse?, jawabannya antara YA dan TIDAK, saya katakan ya, bila anda seorang gamer hardcore atau gamer professional yang membutuhkan sebuah alat untuk menunjang kemampuan anda dalam kompetisi, kalau anda hanya merupakan gamer casual (bermain hanya untuk melepas rasa penat dan mengisi waktu) gaming mouse merupakan BIG WASTE OF MONEY (buang-buang duit), karena pada dasarnya,(menurut opini saya) memenangkan suatu permainan lebih banyak ditentukan oleh skill pemain itu sendiri, dengan asumsi, peralatan yang digunakan bekerja normal, dan tidak ada hambatan/ masalah koneksi internet (pada game online), lagi pula, bila anda tergolong masih pemula (n00bs) dalam bermain game, mouse gaming tidak akan memberi manfaat apa-apa melawan para PRO, maka untuk para pemula lebih disarankan mengikuti “hukum alam”, yakni, belajarlah dengan menggunakan alat “standar”, karena skill akan semakin terasah tajam manakala telah terbiasa dengan menggunakan peralatan yang serba ala-kadarnya.

Sekedar tambahan, selain gaming mouse branded, bila memang ingin menjajal, dipasaran tersedia pula alternatif, dengan harga relatif murah (sekitar 200 ribu) mouse tersebut memiliki kemampuan yang hampir sama dan juga menyertakan software untuk macro. jadi jangan tergesa-gesa membelanjakan uang dalam jumlah besar, cobalah mulai dari merek alternatif tsb, demikian pembahasan kali ini tentang mouse gaming, semoga bermanfaat.

Categories: computer, TechTips
  1. January 29, 2011 at 7:52 pm | #1

    Setuju mas Alav, saya sendiri belum pernah mencoba mouse harga 800 ribuan, namun Saya rasa harga dari suatu barang mahal tidaknya tergantung dari kebutuhan, apabila butuh akan terasa murah namun kalau tidak pasti komentarnya macam-macam contohnya saja “mendingan dibelikan kerupuk bisa beli 1 pickup” :D posting dari mas alav bermanfaat sekali bagi mereka yang berencana membeli mouse gaming. terus berbagi ….. thanks

  2. January 31, 2011 at 1:57 am | #2

    siip mas, kebetulan banyak teman masih ragu dan ber-tanya2, seberapa worth untuk membeli perangkat ini, oleh sebab itu saya jabarkan disini menurut pengalaman saya. ;)

  3. adhy
    April 4, 2011 at 12:18 pm | #3

    Nice post mas,,wah bener2 bermanfaat banget buat ane,,
    udah hampir 4 bulan ane keluar masuk post2 gaming,,tapi harga&manfaatnya kurang sebanding,,sampai sekarang mouse standar yang ane punya malah diminta bokap buat penelitian S3 nya..(hiks2 susah de maen PB)..
    kalo boleh tau mouse yg murah tapi fungsional buat game&kerja (edit photo) apaan ya mas??mohon saran dong..
    thx

  4. April 4, 2011 at 9:30 pm | #4

    Saran saya mungkin agak subyektif, namun dari semua yang saya pernah coba, belum ada yang mampu menandingi reliability Produk logitech standard 1000dpi pada harga yang di tawarkan dengan kualitas luar biasa durable. untuk edit photo sebenarnya lumayan asik menggunakan macro, karena kita bisa menambahkan command pada proggrammable button, misalanya untuk “undo” pada photoshop, jadi tidak perlu menekan kombinasi tombol keyboard, undo bisa dilakukan dalam satu kali klick, mouse macro termurah yang saya temui adalah A4 tech X-7, namun kualitas kabel masih kalah dengan produk logitech. thx 4 comment ;), semoga membantu..

  5. August 19, 2011 at 6:45 am | #5

    gak pernah pakai mouse mahal, biasa pakai yang 15rb murmer
    udah lebih dari cukup…hehehe

    • September 1, 2011 at 5:58 pm | #6

      15rb? murah bgt mas… jgn2 mouse sekali pakai? maksudnya sebulan sekali,.,hehehe

  6. December 19, 2011 at 12:34 pm | #7

    trims buat info ini mas..
    sedikit saya ingin bertanya,bagaimana kalau untuk fasilitas warnet game online..kebeneran saya pny warnet,,selama ini mouse yg saya gunakan adalah mouse product micropack dan havit..secara mmg lbh murah.hanya kisaran @35rb. kalau saya pakai dengan harga yang mahal saya merasa sayang sekali krn tau sendirilah mas di warnet kan kadang konsumen bisa dengan refleksnya banting mouse misalnya lg main pb atau xshot atau CF atau yg sejenisnyalah mas..kalau yg mahal dikisaran yang 200rb’an aja saya tempatkan pasti akan merugikan.
    mohon sarannya mas kira-kira mouse apa yang cocok saya pakai tp secara DPI nya juga mumpuni.terima kasih sebelumnya.

    best regard.

    • December 21, 2011 at 7:03 pm | #8

      Agak membingungkan juga,, kepuasan pelanggan emang no 1,, idealnya untuk warnetmenurut saya menggunakan mouse standart tapi berkualitas (logitech,microsoft misalnya) gak maksud promosi,, yang penting mouse pad gunakan yang baik, sekarang udah banyak replika mouse pad Razer/steel series buatan china yg cukup baik namun dengan harga yg murah… fasilitas macro dan high DPI sebenarnya tidak diperlukan oleh sebagian besar pemain game di warnet game. trims :)

  7. Dhani_Kids
    February 1, 2012 at 9:25 am | #9

    wah, iya nih, ane ngerasain mouse star yang 800Dpi sama mouse game DELL EMPEROR 1600/1200/800 DPi, adjust, enak mas :D harga cuma 45rebeng di toko, dari pada mouse yang biasa2 25ribu-35ribu, mending mouse gaming murah ya kayak punya ane, main DOTA pun enak :D

    • April 17, 2012 at 4:41 am | #10

      Sori baru sempat balas, yup,, faktor terbesar adalah skill, krna alat cuma untuk memudahkan, semahal apapun perangkat pendukung, ga bakalan juara bila tidak di imbangi latihan untuk mengasah skill ..:)

  8. May 25, 2012 at 12:23 pm | #11

    Gan thqnks banget buat infonya……
    mau nanya gan, kalo shoftwarenya ngga ada, apa boleh download aja softwarenya???
    trus harus software tertentu apa terserah software mana aja??? :)

    • June 6, 2013 at 5:18 am | #12

      rasanya harus menggunakan software sesuai dengan perangkatnya, karena setiap hardware terdapat “string” identitas sebagai penamaan harware agar dapat dikenali software yang digunakan
      ..

  9. Yudi
    June 11, 2012 at 4:06 am | #13

    Thaks gan atas saran&pengetahuannya sangat bermanfaat… :-D

  10. Yogi
    June 29, 2012 at 11:27 am | #14

    Skarang udh banyak Kok mouse gaming yang murah :D …. Contoh : Produk Elephant ,,(ada Leviathan,Dragunov,Strike,Astra) yg rata2 Dpinya Udah 800/1600/2400/3200 ada tombol Dpi Changenya lagi,,,sya baru beli elephant Leviathan Dngn Harga 105.000 Dgn fasilitas 6 tombol , 3200 Dpi , Baried cable , Gold Plated USB + free Mouse Pad :D ,,,, walau Kekurangannya belum Adanya Aplikasi makro di dalamnya jd musti Download Sendiri :D….tp Sejauh ini mouse pemula (newbie) yang paling recomended sya rasa :D….Posting ini sngat brmanfaat

    • June 6, 2013 at 5:13 am | #15

      banyak juga teman saya menggunakan elephant,, secara build quality cukup bagus, hanya saja kekurangannya terletak pada kabel braided yang kaku dan belum ada fitur onboard memory yg cukup penting buat gamers yang suka pindah2 komputer.. :)

  11. July 25, 2012 at 2:43 am | #16

    terimakasih atas info nya. sangat bermanfaat sekali buat saya karena sedang mencari mouse untuk laptop saya.

  12. October 15, 2012 at 2:58 pm | #18

    Gimana kalo menurut agan tentang EPRO GAMING KEYBOARD & MOUSE MKG-608 …???

    • December 10, 2012 at 8:18 pm | #19

      Sejauh pengamatan saya sih, kebanyakan gaming device murah meriah memberikan fitur sebatas penampilan fisik dan ergonomi dan fungsi2 dasar, jarang yang memberikan kostumasi hingga fungsi makro dengan onboard memory sperti halnya A4tech, Razer, roccat dll… klaim kemampuan juga susah dibuktikan karena kurangnya informasi yang valid dari produsen gaming device murah meriah. :) sekian ‘opini’ dari saya ;)

  13. bayu prasetyo
    November 28, 2012 at 2:53 am | #20

    mas,minta review mouse gaming Roccat kone [+] bisa ga mas,.?
    soalnya saya mau beli itu tp masih ragu2,.

    • December 10, 2012 at 8:04 pm | #21

      Wew.. modal gak kuat gan, searching aja di inet banyak kok ;)

      • June 28, 2013 at 4:01 am | #22

        sekali-sekali review produk gann,

        biar saya batu

      • July 20, 2013 at 1:06 pm | #23

        hehehe, thanks gan,, saya hanya sekedar iseng mereview barang2 yang saya punya untuk membantu teman2 yang butuh informasi,,..untuk review yang lebih afdol sebaiknya menggunakan jasa full time gamers yang memiliki pengetahuan teknis dan relasi terhadap suatu media.. :)

  14. January 9, 2013 at 7:07 am | #24

    jangankan mouse, fan pendingin aja ada yg sebatang 1juta, casing armor harganya 5jt casingnya doank, hahahaa makin gila brooo

  15. alexis
    February 11, 2013 at 7:40 am | #26

    contoh merk mouse gaming alternatif apa ya gan?

    • March 12, 2013 at 12:17 pm | #27

      banyak sekali yang beredar dipasaran,, yang paling populer adalah A4 tech x7, karena sudah mengimplementasikan onboard memory (settingan macro tersimpan di mouse), sehingga tidak memerlukan konfigurasi ulang apabila digunakan di komputer yang berbeda. ;)

  16. July 2, 2013 at 11:22 am | #28

    Saya Pake Mouse Razer Ouroboros Sama Razer Vespula , Performanya dibanding Mouse Biasa Sangat Beda jauh , n kalo pake gaming mouse g mungkin nyesel !!

    • August 24, 2013 at 5:41 pm | #29

      Imo. soal ada tidak ada perbedaan tergantung individu gan…karna dalam game, porsi yang sangat berperan besar adalah gamer itu sendiri (reflek dan konsentrasi)…

  17. July 6, 2013 at 3:17 am | #30

    good..

  18. otaku
    July 13, 2013 at 3:44 pm | #31

    software mouse standar untuk main PB ada gak bro?

    • July 20, 2013 at 1:12 pm | #32

      sejauh ini ada beberapa software makro beredar di internet, tapi saya belum mencoba fungsi dan kompabilitasnya terhadap mouse standart.

  19. Nazif
    July 18, 2013 at 12:46 pm | #33

    Ulasan yg sngt baik… tapi saya minta diperjelas kembali ttg macro… maksud dari keystroke itu apa? Dan mapping hurufnya itu hrs pakai program ketiga?

  20. October 21, 2013 at 11:32 pm | #35

    nice post gan..emng hand skill itu menentukan pro tidak nya seseorang dalam gaming,,hehe,mampir jga ya gan ke tempat ane,,ditunggu untuk kritik dan sarannya

  21. dicky
    February 5, 2014 at 4:36 am | #37

    Di dekat rumah gua harga mos makro cuman 500ribu
    Masak di sana 800ribu mahal banget

  22. ilmuwanlangit
    February 9, 2014 at 11:58 am | #39

    Wah, makasih Mas Bro. Saya ngebet bener pingin beli mouse gaming tapi belum tau masalah dpi.

  23. asbullah
    March 20, 2014 at 8:05 am | #41

    Tq infonya. Saya lg bingung X 7 memang bs buat game dota ga sih? X 7 pernah saya beli tp buat PB tp dota blm perna nyoba. Kl bs X 7 enak lebih murah

    • April 3, 2014 at 7:52 am | #42

      Bila program tidak ada semacam bugtrap yg mendeteksi stroke ganjil, pasti bisa mas… mouse dengan onboard memory paling luas kompabilitasnya..

  1. June 25, 2012 at 5:06 am | #1

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

